Ternyata Tipu Iblis Suruh Buka Aurat, Terjadi Di Zaman Nabi Adam

aurat

Ngebray.com,- Aurat itu memang buat Islam harus dijaga dan di tutup buat manusia. Baik buat laki-laki ataupun perempuan, perbedaan tingkat dasar antara menutup aurat buat laki-laki dan perempuan itu sangat mencolok, karena aurat untuk laki-laki sangat kecil sekali dibanding aurat buat perempuan.

Pembahasan kali ini adalah siapa sih pertama kali atau otak dibalik semua ini ? Kenapa kita harus menutup aurat terutama perempuan. Ternyata ada sejarahnya sangat dulu sekali atau manusia pertama yang Allah ciptakan, yaitu Nabi Adam. Ada beberapa firman Allah yang menegaskan untuk menutup aurat, diantaranya dikisahkan tentang Nabi Adam dan Istrinya.

 Firman-Nya :

يَا بَنِي آدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا

Wahai anak cucu Adam ! Janganlah kalian tertipu oleh setan ! sebagaimana dia telah mengeluarkan ibu bapak kalian dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. (al-A’raf 7:27)

Nah lah iblis / setan dari dulu emang mau nyesatkan kita sebagai manusia karena dendam dan rasa cemburu yang berlebihan terhadap manusia yang Allah mulyakan dari ciptaanNya terdahulu. Setan akan terus-terusan menipu kita makanya hati-hatilah. Allah melarang semua itu pasti ada alasannya, kenapa aurat kita harus ditutup.
Mungkin kita harus mempelajarinya lebih mendalam tentang kenapa Allah melarang kita membuka aurat, salah satu yang secara ilmiahnya adalah :
1. Kehidupan perempuan yang tidak menutup auratnya akan lebih tidak dihargai oleh lawan jenisnya dibanding yang menutup aurat.
2. Hilangnya rasa malu, manusia apa yang dia lakukan akan terbiasa dengan apa yang dia lakukan, jika terbiasa dengan membuka aurat, kemungkinan besar yang akan terjadi, akan hilangnya rasa malu terhadap lawan jenis. Sedangkan laki-laki memang dilahirkan akan menyukai aurat perempuan yang efek sampingnya balik lagi terhadap perempuan yaitu tidak akan mendapatkan rasa hormat dari lawan jenisnya.
3. Semakin jauh dari syariat dan akhlak yang baik

4. Semakin besar untuk diperbudak oleh nafsu
5. Perkerjaan rumah akan dilalaikan, coba pikirkan kenapa hal itu terjadi, wanita akan melakukan dandan dan ingin terlihat cantik diluar dibanding cantik untuk suami sendiri dan pekerjaan rumah akan berantakan efeknya akan terjadi pertengkaran pada akhirnya, ini mungkin salah satu terjadi pertengkaran karena tidak ada keseimbangan dalam rumah tangga juga.
Allah berfirman :

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ

Menetaplah di rumah-rumah kalian, dan janganlah kalian ber-tabarruj (berdandan) ala wanita-wanita jahiliyah dahulu. (al-Ahzab 33:33)

Sungguh banyak sekali jenis kemaksiatan dan apa yang akan terjadi jika kita tidak sesuai dengan aturan Allah. Karena Allah yang menciptakan manusia maka Allah akan tau cara kerja manusia itu sendiri. Seperti manusia yang menciptakan komputer atau bahkan robot sendiri, pasti menusia itu membuat buku panduannya, kalau tidak sesuai dengan buku panduannya maka jangan harap barang yang kita beli seperti laptop atau robot itu sendiri akan bertahan lama, pasti akan cepat rusakka.
Begitu juga dengan manusia jika kita sebagai manusia tidak mengikuti buku panduannya yaitu Al-Qur’an yang dipertegas dengan Hadist Sahih, makan akan terjadi efek samping terhadap yang menjalaninya.
Semoga akan ada sesuatu dari kita yang selalu mempelajari dan terus belajar, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya kasih tau teman-teman kita yang belum sempat mempelajarinya.
Follow me

Adi Janwar

Fish Farmer at DhySha Farm
Assalammu'alaikum Brader

Perkenalkan nama saya Adi, seiring dengan waktu dan pekerjaan,banyak hal yang telah saya lewatkan.
Saya kerja di SMK Pasundan 2 Bandung untuk saat ini. Saya juga bekerja sebagai MC, Anncouncer dan memiliki bisnis kecil-kecilan, Salah satunya saya sebagai peternak ikan koki ( lumayan sudah ngirim ikan ke seluruh Indonesia ).

Saya ingin memajukan ngebray.com ini karena menurut saya ini wadah yang penting buat anak didik saya agar positif yang mereka terima bisa 100%
Follow me

44 Comments

  • Andi Pauzi A says:

    nama saya andi pauzi saya ingin bertanya kejahatan apa yang bisa terjadi ketika seorang wanita membuka auratnya? terima kasih

  • ridwan gunawan says:

    Assalamu’alaikum
    Saya setuju dengan artikel ini sebagaimana orang yang membuka aurat itu jelas sangat berdosa. sabagaimana hadits yang menerangkan bahwa menutup aurat hukumnya wajib .
    Menutup aurat hukumnya wajib sebagaimana kesepakatan para ulama berdasarkan firman Allâh Azza wa Jalla :

    وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

    Katakanlah kepada orang laki–laki yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allâh maha mengatahui apa yang mereka perbuat.” Katakanlah kepada wanita yang beriman, “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera–putera mereka, atau putera–putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allâh, wahai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

    [an-Nûr/24:31]

  • menurut agama islam,membuka aurat itu dilarang. karena dapat menimbulkan nafsu birahi dan menimbulkan dosa. dapat menimbulkan kemaksiatan juga. jadi didalam agama islam itu diwajibkan bagi wanita untuk menutup auratnya

    • Maulana hasannudin says:

      menurut saya..wanita yang beragama islam itu diwajibkan berhijab/berkerudung..kebanyakan sih ngakunya wanita bergama islam tapi tidak berhijab,tidak sembahyang,tidak berperilaku yang baik..
      kalo wanita yang seperti itu,bagaimana?

      • Echa Dynasty says:

        Amal baik dan buruk seseorang biarkan itu jadi urusan dia dan Allah.
        Kita sebagai sesama manusia dan sesama muslim berkewajiban mengingatkan dan mendoakan agar dia diberi hidayah oleh Allah.
        Jangan menghujat 🙂

      • zakir says:

        Allah akan memberikan apapun di dunia ini termasuk ke wanita yang tidak berhijab, contoh kewanita model ataupun penyanyi mereka akan diberikan kebahagia dan mendapatkan apa yang mereka inginkan didunia, semua Allah berikan agar nanti wanita-wanita itu tidak akan meminta lagi di akhirat karena semuanya Allah berikan kepadanya didunia.
        Mungkin itu

  • mulyani says:

    Dengan membaca artikel ini saya lebih paham bahwa membuka aurat bagi kaum wanita itu sangat dilarang oleh Allah swt, dan jika dilanggar maka akan sangat berdosa

  • Nabila Putri says:

    Sekarang saya mengerti sedikit sedikit untuk aturan menutu aurat tapi saya sering aneh melihat remaja zaman sekarang

  • Ima Apriliani says:

    Setelah saya membaca artikel tersebut, saya jadi lebih memahami tentang kenapa diharuskan untuk menutup aurat, dan apa dampak negatif dengan tidaknya menutup aurat?
    Namun juga saya sering melihat perempuan yang menutup auratnya tapi perilakunya sangat tidak senonoh?
    Apakah ada penjelasan untuk perempuan yang menutup aurat namun perilakunya yang tidak senonoh?
    Dan terima kasih atas artikelnya, sangat membantu

  • Lusi Restia Anggraeni says:

    Assalamualaikum WR.WB …
    Saya setuju dengan artikel diatas,, karena memang benar sekali Aurat itu dalam Islam memang harus dijaga dan di tutup. Baik itu laki-laki ataupun perempuan, Dan memang benar sekali kehidupan perempuan yang tidak menutup auratnya akan lebih tidak dihargai oleh lawan jenisnya dibanding yang menutup aurat. karena laki laki akan memandang bahwa perempuan yang tidak menutup auratnya itu akan mudah digoda oleh lawan jenisnya dan dipandang rendah. selainitu juga kita akan lebih mudah diperbudak oleh nafsu, lalu bagi perempuan yang sudah menikah pekerjaan rumah akan dilalaikan, karena wanita lebih memilih melakukan dandan dan ingin terlihat cantik diluar dibanding cantik untuk suami sendiri sehingga pekerjaan rumah akan terbengkalai dan akhirnya akan terjadi pertengkaran, sekian comment dari saya, bila ada yang tidak setuju atau ingin menambahkan silahkan comment balik.. terimakasihh Wassalamualaikum..

    • Dinda Annisa Lestari says:

      saya setuju dengan commenannya lusi menurut lusi kan wanita bila membuka auratnya ia menjadi lalai dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan wanita yg membuka auratnya akan lebih mementingkan dirinya sendiri dibanding oranglain karena ia akan membuat para lelakii memandang dia itu menawan padahal itu dilarang oleh agama

  • Noer Latifah says:

    dengan membaca artikel ini saya setuju bahwa apabila wanita yang membuka auratnya didepan kaum laki laki akan mendapatkan dosa tetntunya dan akan dipandang rendah oleh kaum laki laki yang melihatnya

  • Saya setuju dengan artikel ini, karena apabila kita membuka aurat maka akan di pertanggungjawabkan di akhirat nanti , bahkan wanita tertawa terbahak bahak itu pun termasuk memperlihatkan aurat ..

  • keukeusari6 says:

    Assalamu’alaikum
    Saya setuju,menutup aurat itu kewajiban bagi semua wanita muslimah. Jaman sekarang banyak wanita yg jarang sekali dihargai karena mereka menebar auratnya pada semua orang .Untuk berhijab itu tidaklah harus memperbaiki sifat dan perilaku terlebih dahulu. Jusrtu dengan kita berhijab kita bisa lebih mudah untuk merubah sifat dan perilaku kita itu . Dan akan banyak sekali efek negatif nya jika kita tidak segera menutup aurat itu
    Terimakasih

    • Rizki says:

      Alhamdulillah masih banyak wanita baik ternyata di Indonesia, masih ada kesempatan donk saya dapatin wanita baik heheh

      • Echa Dynasty says:

        Kesempatan itu terbuka lebar, asalkan kita sendiri juga memperbaiki diri.
        Karena ketika kita memperbaiki diri menjadi lebih baik, Insyaa Allah itu menjadi magnet untuk setiap kebaikan mendekat ke arah kita.
        Seperti janji Allah di Surat An-Nur 26 :
        “ Wanita-wanita yang tidak baik untuk laki-laki yang tidak baik, dan laki-laki yang tidak baik adalah untuk wanita yang tidak baik pula. Wanita yang .baik untuk lelaki yang baik dan lelaki yang baik untuk wanita yang baik. (Qs. An Nur:26)

        • Tetapi kan ada juga di zaman sekarang wanita-wanita yang baik menjadi milik laki-laki yang tidak baik??

          • Rizki says:

            ada juga itu namanya ujian buat yang wanita akan tetapi kebanyakan wanita baik pasti dengan yang baik kemungkinan besar, klo kita ke tempat dugem trus dapat jodoh ditempat itu ya sudah pasti bukan wanita baik donk heheh

          • Tapi Saya pernah melihat seorang istri yang sholehah tetapi suaminya pemabuk, bagaimana dengan peristiwa tersebut??

          • Echa Dynasty says:

            Iya… itu seperti komentar Rizki di atas, ada juga wanita/pria yang memang diberi ujian oleh Allah dengan memiliki pasangan yang mungkin bisa dibilang tidak baik. Bisa saja itu untuk menguji kesabaran atau keimanan orang tersebut. Wallahu a’lam Bish-Shawabi.
            Tapi, akhlaq seseorang itu kan bukan cuma semata-mata yang terlihat oleh mata orang lain aja kan? Apa yang lahiriahnya terlihat baik, bukan jaminan itu benar-benar baik. Hanya Allah Yang Maha Tahu.
            Saya cuma berpendapat sesuai dengan pengetahuan saya, maaf kalau saya salah. Mungkin kita bisa kaji lebih dalam, Kenapa bisa bertemu dengan laki-laki yang tidak baik? Dimana bertemunya? bagaimana bertemunya? Dan dimilikinya dalam bentuk hubungan yang seperti apa?
            Contoh aja ya, ketemunya di tempat yang baik, caranya baik, tapi bentuk hubungannya pacaran. Ya berarti bentuk hubungannya yang tidak baik, kan Islam sendiri melarang pacaran karena mendekati zina.
            Jadi sekali lagi baiknya itu menurut penilaian siapa. Karena penilaian manusia itu tidak bisa dijadikan tolak ukur. Dan janji Allah itu pasti.
            Paling itu aja pendapat saya. Boleh diskusi kalau masih belum puas atau ada yang mengganjal. Saya sekedar sharing ilmu yang saya tau aja. Makasih

  • untuk kita umat muslim membuka aurat memang tidak diperbolehkan di agama islam karena akan menimbulkan dosa dan bisa menimbulkan tindak kejahatan.
    lebih baik kita menutup aurat kita.

  • siti yulianti dewi says:

    Saya sangat setuju, memang benar menutup aurat bisa menghindari berbagai kejahatan dan celaan.

  • Siska Fazarani says:

    saya juga setuju, karena menutup aurat dapat menghindari berbagai tindak kejahatan^^

  • sandiprayogo says:

    assalamualaikum we.wb
    saya sangat setuju sekali dengan artikel ini karena benar sekali menurut saay pribadi adalah efek yang paling berbahaya itu bagi orang yang membuka aurat nya adalah tidak di hargai lagi oleh lawan jenis nya dan masih ada efek di akhirat nya yaitu hukuman dari allah bagi mereka yang membuka aurat nya

  • Andien Kurniawan says:

    Dengan membaca artikel ini saya jadi lebih mengerti bahwa sesungguhnya membuka aurat itu sangat dosa bagi kaum wanita dan tidak berkesopanan terhadap laki laki yg beriman dan juga para laki laki merasa direndahkan…

    • sandiprayogo says:

      assalamualaikum we.wb
      saya sangat setuju sekali dengan artikel ini karena benar sekali menurut saay pribadi adalah efek yang paling berbahaya itu bagi orang yang membuka aurat nya adalah tidak di hargai lagi oleh lawan jenis nya dan masih ada efek di akhirat nya yaitu hukuman dari allah bagi mereka yang membuka aurat nya

    • rahmat krisman fauzi says:

      saya ingin bertanya. Bagaimana kalau lawan jenis contohnya perempuan yang kita beri nasihat tetapi tetap tidak mau mendengarkan agar menutup aurat apa yang harus kita lakukan agar orang tersebut yang kita beri nasihat itu mendengarkan kita??

      • Echa Dynasty says:

        Maaf saya bantu jawab dan ikut berpendapat.
        Menurut saya, memang sesama muslim harus saling mengingatkan. Tapi, mengingatkan orang lain itu ada cara dan adabnya.
        Bisa mengingatkan dengan ucapan, misalnya memberikan dalil tentang menutup aurat (Al Ahzab 59), tapi perlu diingat mengingatkannya harus dengan lembut, dengan bahasa yang menyenangkan, dan jangan ditegur di hadapan orang banyak.
        Bisa juga dengan perbuatan, misalanya memberi hadiah jilbab atau baju yang sopan, bisa juga buku tentang hijab. Ajaklah orang tersebut ke kajian2 majelis ta’lim. Selain bisa mengingatkan orang tersebut juga menambah ilmu buat kita.
        Dan kita yang mengingatkannya pun harus rajin memperbaiki diri, jangan hanya pintar mengingatkan orang lain saja.
        Yang terakhir, kita doakan orang tersebut supaya dibukakan pintu hatinya oleh hidayah. Karena, hidayah itu datangnya hanya dari Allah. Jadi doakan saja, dan jangan bosan untuk diingatkan. Apalagi jika orang tersebut adalah orang yang kita sayangi (istri, anak, keluarga, sahabat, teman) tentunya kita tidak akan merasa lelah untuk mengingatkan.
        Semoga bermanfaat dan bisa menjawab. Terima kasih.

  • ridhwannurfauzan1 says:

    dengan membaca artikel ini saya jadi lebih paham bahwa dengan membuka aurat itu jelas berdosa dan membuat wanita yang melakukan perbuatan membuka aurat jadi semakin tidak dihargai dan direndahkan oleh laki laki yang melihatnya

  • destin says:

    dengan membaca artikel saya dapat lebih memahami bahwa dengan membuka aurat itu jelas berdosa,dan apa bila di sengaja mungkin saja dosanya akan berlipat ganda

  • destin says:

    dengan membaca ini saya lebih paham bahwa dengan membuka aurat itu jelas sekali berdosa,dan apabila itu dilakukan dengan cara di sengaja mungkin saja dosanya akan berlipat ganda.

  • dengan membaca artikel ini saya dapat lebih paham bahwa dengan kita membuka aurat itu jelas berdosa,dan apabila itu dilakukan dengan sengaja mungkin saja dosanya akan berlipat ganda