Taman-Taman Di Bandung Yang Tak Pernah Membosankan

Ngebray.com,- Bandung selalu jadi destinasi yang tak pernah membosankan. Ada saja hal, tempat, makanan, fashion, atau apapun yang baru dan menarik. Seperti taman-taman kota yang kini banyak menghiasi sudut-sudut jalanan kota Bandung. Membuatnya semakin nampak cantik dan indah. Lebih dari itu di malam hari suasananya menjadi sangat romantis. Julukan Paris Van Java, memang terasa pas untuk kota kembang ini.

gedung-sate_72

Meskipun keberadaan taman-taman itu bukan baru-baru ini. Namun, rasanya tak pernah bosan, untuk sekedar berkunjung, hang out, dan nongkrong-nongkrong cantik bersama pasangan, keluarga, atau pun teman-teman. Hal ini pun didukung dengan lokasi yang mudah dijangkau.

Yuk kita lihat taman-taman cantik yang ada di kota Bandung :

  • Taman Alun-Alun

taman-alun-alun

Seperti di kota-kota lainnya, alun-alun selalu jadi ikon. Terletak tepat di depan Masjid Raya Bandung, wajah taman alun-alun kini semakin menarik dipandang mata, semenjak diubah dan didesain ulang oleh walikota yang menjabat sekarang. Taman alun-alun kita jadi tempat yang ramah bagi siapa saja. Melepas lelah dengan duduk-duduk santai di atas rumput sintetis, membaca buku, bermain gadget, foto selfie, mengajak anak-anak bermain, bahkan tidur-tiduran pun jadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan di taman ini. Tak sulit menemukan lokasi taman ini, karena ada di pusat kota sangat dekat dengan jalanan legendaris Asia Afrika.

  • Cikapundung Riverspot

taman-cikapundungTaman Cikapundung Riverspot terletak di Jalan Cikapundung Timur. Destinasi ini terlihat sangat cantik apalagi ketika malam hari. Cocok sekali untuk berfoto mengabadikan suasana. Belum lagi air mancur yang disinari lampu warna-warni dan bergerak-gerak sesuai irama lagu jadi pemandangan indah di tengah suasana malam, kita bisa menontonnya dari bangku-bangku yang disediakan di trotoar. Coba deh rasanya seperti di Eropa.

  • Taman Balai Kota

taman-balai-kota-bandung

Taman Balai Kota adalah taman yang terdapat di dalam komplek kantor Balai Kota Bandung. Taman ini sudah sejak lama dipergunakan untu berolahraga oleh masyarakat, terutama di hari Minggu. Namun sepertinya sekarang ini masyarakat semakin dibuat betah dengan tampilan baru yang lebih fresh, tertata rapi, dan indah.

  • Taman Dewi Sartika

 

Sungai Cikapayang

Taman Dewi Sartika terletak masih satu komplek dengan Taman Balai Kota. Tempatnya sangat nyaman, dikelilingi bunga beraneka warna dan jenis. Tertata rapi dan sedap dipandang mata. Dilalui oleh sungai Cikapayang yang mengalir jernih. Kita bisa juga duduk-duduk di tepian sungai sambil bermain air dan mencelup kaki di sungai itu. Anak-anak biasanya sering bermain air di sini.  Jangan  khawatir karena airnya jernih, dangkal, dan yang terpenting aman kok.

  • Taman Vanda

taman-vanda

Menyebrang sedikit dari kawasan komplek Balai Kota Bandung, maka kita akan menemukan Taman Vanda. Lokasinya berada di Jalan Merdeka, diantara Gedung Bank Indonesia dan Polwiltabes. Nama Taman Vanda diambil dar nama salah satu jenis bunga Anggrek. Datanglah pada malam hari, dan nikmati tarian air mancur yang indah dengan lampu-lampu.

  • Taman Lansia

taman-lansia

Taman Lansia berada di Jalan Cisangkuy. Ini bukan tempat berkumpul para lanjut usia lho. Taman ini sering digunakan untuk berolahraga, jalan-jalan, atau sekedar duduk santai menikmati suasana sejuk di antara pepohonan. Lokasinya bersebelahan dengan Gedung Sate yang terkenal itu. Di sini juga ada wifi gratis juga. Asyik kan?! Kapan lagi menikmati suasana sejuk hutan di tengah kota.

  • Pet Park

taman-pet-park

Ingin olahraga sambil bawa hewan peliharaan? tapi khawatir mengganggu orang lain? Nggak usah khawatir gitu ah, di Bandung ada juga taman yang namanya Pet Park, lokasinya di Jalan Cilaki, tidak jauh dari Taman Lansia. Kamu bisa sepuasnya main-main dengan hewan kesayangan di sini. Ada jogging track, ada alat ketangkasan untuk hewan, dan ada kandang hewan juga. Gimana? Seru kan!

  • Taman Pustaka Bunga

taman-pustaka-bunga

Masih di sekitaran Jalan Cilaki. Nah, yang ini buat para pencinta bunga. Ada yang namanya Taman Pustaka Bunga. Banyak sekali jenis bunga yang ditanam di sini, dilengkapi dengan keterangan nama bunga dan nama latinnya juga. Jadi nggak cuma nongkrong-nongkrong tapi juga dapat pengetahuan tentang bunga. Peraturan di taman ini adalah tidak boleh membawa makanan, minuman, dan hewan peliharaan. Tujuannya supaya tamannya tetap bersih dan terjaga.

  • Taman Musik Centrum

taman-musik

Kreativitas anak muda Bandung di bidang seni, terutama musik sepertinya diapresiasi dengan luar biasa oleh Pemerintah Kota Bandung. Terbukti dengan disediakannya sarana Taman Musik di Jalan Belitung ini. Untuk kalian yang ingin manggung dan membuat pertunjukan musik. Boleh kok, silahkan berkoordinasi dengan Diskamtam untuk perizinannya yaaa.

  • Taman Fotografi

taman-fotografi

Di Bandung juga ada taman Foto lho. Tempat ini jadi sarana berkumpulnya komunitas fotografer di Bandung. Lokasinya di Jalan Cempaka. Di sini juga disediakan fasilitas untuk kegiatan foto di antaranya spot foto, cermin, dan sebagainya. Ada wifi Bandung Juara juga di sini. Semakin seru deh kumpul dan belajar fotografinya.

  • Taman Film

taman-film

Jalan-jalan ke bawah jembatan layang Pasupati, kita akan menemukan Taman Film. Tempat diputarkannya film-film berkualitas dan kita boleh nonton gratis. Sensasi baru nonton film outdoor. Dengan vidoetron ukuran besar 4×8 meter, dan sound yang kualitasnya oke punya.

  • Taman Superhero

taman-superhero

Bawa anak, adik, atau keponakan jalan-jalan, sekarang nggak perlu bingung deh. Kan ada Taman Superhero di antara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek. Pasti mereka senang deh, karena di sini ada patung Superhero seperti Superman, Batman, Spiderman, malahan Gatot Kaca dan Gundala juga ada lho.

  • Taman Jomblo

taman-pasupati

Taman Pasupati atau lebih tenar dengan nama Taman Jomblo. Kenapa sih disebut Taman Jomblo? Karena bangku-bangku yang ada di sini didesain untuk duduk sendiri-sendiri. Taman ini happening banget deh di Bandung. Tempatnya di bawah jembatan layang Pasupati.

  • Taman Skateboard

taman-skate-board

Suka olahraga skateboard? Pas banget nih, datang aja ke Taman skateboard. Fasilitasnya bertaraf internasional. Lokasinya deket banget sama Taman Jomblo. Jadi, sambil menyalurkan hobi, bisa ngumpul, sharing, dan dapat teman baru sesama skater. Kece banget dong.

  • Teras Cikapundung

 taman-teras-cikapundung

Meluncur ke Babakan Siliwangi dan kita akan menemui Teras Cikapundung di sana. Tempat ini memiliki tiga zona wisata yang nggak kalah seru sama tempat-tempat sebelumnya. Ada apa aja sih? Yang pasti ada air mancur menari. Kemudian ada juga amphiteater yang biasanya digunakan untuk acara musik. Dan yang terakhir ada tempat konservasi ikan khas dari Sungai Cikapundung. Sungainya bisa juga buat aktivitas rafting.

Jangan cuma baca aja deh, mending sekarang jadwalkan untuk datang ke Bandung. Nikmati indahnya, serunya, dan romantisnya kota Bandung, Paris Van Java.

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)

8 Comments

  • Oktaviani says:

    assalamualaikum
    saya sangat senang melihat perkembangan kota bandung sekarang jadi banyak taman taman . perbanyak area terbuka hijau biar kota bandung semakin sejuk. semoga lebih diperbaiki kota bandung. buatlah warga nya betah tinggal dibandung, masyarakat juga harus menjaga kota bandung supaya semakin baik. bandung juara!!

  • silvia ade says:

    Assalamualaikum
    kalau pendapat saya,kota bandung menjadi lebih bagus dan menarik untuk orang”yang ingin mengunjungi kota bandung dan bisa mencoba tempat-tempat yang menarik dan asik di kota bandung,dan saya harap tidak lupa kepada para pengunjung nya untuk selalu ingat akan ada nya sampah di sekitar nya,agar tetap bersih,nyaman bagi para pengunjung nya

  • Nurul inayah says:

    sesudah saya melihat melihat foto foto dan membaca nya saya sangat tertarik sekali dengan taman-taman yang ada di kota bandung. dan bandung pun sangat berubah semenjak bapa ridwan kamil menjadi walikota bandung, bandung yang sekarang dan bandung yang dulu sangat berbeda sekali sekrang bandung menjadi indah sekali.
    dan saya pingin bandung bisa lebih baik lagi kedepan nya
    dan saya juga pun pingin setiap taman selalu ada penjaga nya supaya taman taman tidak di pakai berpacaran dan tidak di corat coret atau merusak tanaman tanaman yg ada dan tidak merusak barang atau yang lain nya yang ada di taman itu dan saya pingin bandung selalu dijaga dari kejahatan dan misalnya para korupsi dan begal begal sebetul nya keinginan saya untuk bandung masih banyak tapi saya cuman ngungkapin segini saja
    sekian dari saya nurul inayah terima kasih

    • Oktaviani says:

      assalamualaikum
      saya sangat senang melihat perkembangan kota bandung sekarang jadi banyak taman taman . perbanyak area terbuka hijau biar kota bandung semakin sejuk. semoga lebih diperbaiki kota bandung. buatlah warga nya betah tinggal dibandung, masyarakat juga harus menjaga kota bandung supaya semakin baik. bandung juara!!

  • Avif Wahyu P says:

    Setelah membaca dan melihat foto-foto diatas,saya ingin menjelajahi taman-taman yang ada di kota bandung yang indah nan permai ini.

    Saya ingin memberikan sedikit aspirasi saya!
    Kami berharap di wilayah kota bandung ini,disediakan tempat olahraga outdoor yang layak dan tidak dipungut biaya.
    Terimakasih sebelumya.

    • Echa Dynasty says:

      Terima kasih sudah comment.
      Setau saya, di Bandung juga udah ada tempat olah raga outdoor seperti, Taman Fitness, Taman Active, dan Taman Gesit… Gratis kok…
      Nanti Insyaa Allah saya coba share di artikel selanjutnya yaaaa 🙂