Taman Kebugaran Di Bandung : Sehat, Bugar, Aktif, Gratis :)

Ngebray.com,- Bandung memang tak pernah ada habisnya. Romantismenya, sejarahnya, budayanya, bercandanya, lucunya, menariknya, dan tamannya selalu membuat kangen dan menjadi magnet untuk kembali lagi ke kota indah ini.

Tapi kali ini, bukan cuma tentang keindahan yang ingin disampaikan, namun tentang kesehatan. Selain memperhatikan sisi keindahan lewat taman-taman tematik. ternyata Bandung juga memperhatikan sisi kesehatan melalui taman-taman tersebut.

Berikut adalah taman-taman kebugaran di Bandung, yang menyediakan alat-alat olahraga dan yang pasti bikin tubuh tambah sehat dan bugar. Dan yang pasti ini merupakan fasilitas publik yang boleh digunakan oleh siapa pun tanpa di pungut biaya alias gratis. Asyik kan?

Apa saja dan dimana sih taman-tamannya? yuk kita bahas satu per satu.

  • Taman Gesit

1711548img-20150313-145038780x390

Taman kebugaran pertama kali ini adalah taman Gesit. Taman seluas 556 m2 ini berada di Jalan Dipatiukur. Taman ini mengambil konsep green dan active. Diresmikan oleh pemkot Bandung, pada tanggal 01 April 2015.

Konsep green di taman ini ditandai dengan tree deck yaitu taman yang terletak di atas pohon. Untuk menaiki ke atas tree deck disediakan tangga yang berbentuk melingkar dan vertikal. Posisinya melingkar mengeliling pohon-pohon tinggi.

Untuk konsep active disediakan area bermain seperti monkey bar, incline board, spider webb, dan juga patung-patung berwarna-warni dengan pose sedang berolahraga.

Di taman ini juga disediakan tempat parkir sepeda da, ada juga tempat dengan bertudung manopi putih yang di dalamnya terdapat rak buku, untuk pengunjung yang ingin membaca sambil bersantai.

  • Taman Aktif

active-park-bandung

Taman aktif atau active park berlokasi di Jalan Supratman. Taman ini dibangung berkat kerjasama pemerintah kota Bandung dengan pihak ketiga.

Public Affair Communication Director dari Coca Cola Indonesia, Titie Sadarini, mengatakan bahwa tujuan didirikannya taman aktif adalah untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat Bandung sekaligus untuk menjalankan gaya hidup aktif.

Taman aktif resmi dibuka oleh Walikota Bandung pada 13 September 2015. Adapun fasiliras olahraga yang bisa dipergunakan di sini adalah cardio, lower body workout, upper workout, dan core muscles exercise.

  • Taman Persib

b6-rdufcmae5lfc

Taman Persib berlokasi di Jalan WR.Supratman, sangat berdekatan dengan taman aktif. Memiliki 4 (empat) lapangan sepakbola yang masing-masing berukuran hanya 16 x 26 meter. Untuk mempergunakan taman ini, silahkan mendaftar ke pengelola untuk mendapatkan jadwal yang kosong.

  • Taman Fitness

taman-fitness

Taman Fitness merupakan fasilitas publik yang menyediakan peralatan olahraga sama seperti tempat-tempat fitnes pada umumnya. Adapun fasilitas yang disediakan tersebut adalah chest press, elliptical trainer, sit-up bench, dan cross trainer. Peralatan olahraga ini didesain dengan menggunakan beban dari badan penggunanya. Jadi bisa melatih mengangkat beban bobot tubuh sendiri.

Jadi, yuk mulai berolahraga sekarang 🙂

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)

29 Comments

  • sandiprayogo says:

    saya ingin tanya apa cuma segitu saja taman kebugaran yang ada di bandung?? trs apakah dikota kota lain juga ada taman kebugaran seperti di bandung

  • Apakah sekarang telah terbukti dengan membangun taman baru dan gratis telah dipergunakan oleh masyarakat untuk berolahraga atau masih jarang orang yang tau tentang taman gratis ini?

    • Echa Dynasty says:

      Masalah dipergunakan atau enggak, itu kan tergantung masyarakatnya. Yang penting pemerintah sudah memfasilitasi dengan cukup baik. Tinggal bagaimana masyarakatnya saja memanfaatkan.

  • titik kartika says:

    setelah saya membaca artikel diatas saya merasa untung menjadi warga bandung dimana fasilitas untuk menanamkan kesehatan pun sudah di sediakan,dimana kita juga bisa merasakan olahraga di tempat tempat tsb,warga bandung menjadi sehat dengan melakukan olahraga apalagi ditaman yang memang tempatnya sangat sejuk dan pas untuk berolahraga,ini pula menjadi dorongan terhadap orang orang yang jarang berolahraga agar giat berolahraga

  • Cep Andri Hidayat says:

    assalammualaikum wr,wb.
    Bagi saya bandung bukan hanya nama kota,tetapi bandung tempat dimana aku dilahirkan dan tempat aku untuk membuat karya karya baruku.

  • Bhisma Alivia Utama says:

    Assalamualaikum Wr Wb
    Di Bandung Nambah lagi tamannya, tapi bagus ada taman kebugaran jadi warga bandung bisa hidup sehat karena semua warga bandung bisa beolahraga disana. Seharusnya warga bandung harus bangga karena pemerintah kota bandung menyediakan taman-taman yang bersih juga terawat dan juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang cukup. Dan juga warga bandung harus bisa menjaga kebersihan di taman-taman tersebut . Terima Kasih….

  • Heri says:

    Taman tak hanya asyik menjadi area bermain. Taman pun bisa menjadi tempat untuk olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar.

  • muhammad nur padillah says:

    Satu lagi taman Di bandung yang gratis hehehe.makin banyak aja taman-taman atau tempat-tempat di bandung yang berguna dan bermanfaat juga menyediakan tempat untuk olahraga dll. kadang di kota lain cuma beberapa tempat yang seperti. salut buat pemerintah kota bandung. sebaiknya pemerintah-pemerintah di kota lain juga harus meniru atau menyejahterahkan warganya. terimakasih..

  • rifqi amirudin says:

    taman kebugaran ini memang cocok untuk para pemuda atau remaja .soalnya remaja jaman sekarang pada males berolahraga malah lebih suka berpacaran.

    • Eka kartika says:

      assalamualaikum maaf saya kurang setuju dengan pendapat rifqi amirudin karena tidak semua remaja lebih suka berpacaran dan taman ini juga tidak untuk berpacaran. ada pun remaja sekarang lebih mementingkan berolarga untuk kesehatan dan manfaat nya juga banyak seperti membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kemampuan otak juga.

  • Aditya muhammad abdurahman says:

    Dengan membaca artikel ini saya sudah tau tempat-tempat untuk berolahraga dan saya akan mencoba pergi berolahraga kesana.

  • Rahman Dani Akbar says:

    Makanya kita sebagai warga bandung harus bersyukur dengan adanya fasilitas yang di sediakan oleh PEMKOT Bandung,Bukanya hanya bisa merusak dan mengotori fasilitas yang di beri !!! ,Jadi kesimpulan saya mengomentari ,Jadi manusia harus bisa menjaga dan menghormati pemberian yang mereka kasih…

    Terima Kasih 🙂

  • Arif Viery says:

    Setelah saya membaca artikel di atas saya jadi tau bahwa ada taman yang menyediakan fasilitas olah raga di bandung kita harus memanfaatkan fasilitas tersebut sebaik mungkin dan harus kita jaga kebersihannya dari tangan-tangan nakal dengan tidak membuang sampah sembarangan

    • Iyaa,bener kata arif kita harus menjaga fasilitas yang telah di sediakan oleh pemerintah dari tangan tangan nakal..
      Bahkan bila perlu tangan tangan nakal tersebut harus di beri sanksi..
      Menurut arif apa sanksi yang harus diberikan?????

      • Arif Viery says:

        Menurut saya harus diberikan sanksi denda sebesar 500k

        • Saepuloh says:

          Menurut Saya Denda Yang harus diberikan Ke pada para pelanggar adalah Membersihkan semua sampah yang ada di Taman tersebut, menurut saya itu lebih baik daripada didenda dengan menggunakan uang
          terimakasih…

          • Mungkin sanksi yang di usulkan arif terlalu tinggi..
            Karena tidak semua orang mampu membayarnya ..
            Saya lebih setuju usulan dari saepuloh karena sanksi tersebut mampu membuat orang yang melanggarnya kapookk ,sehingga kenyamanan taman kebugaran di bandung terpelihara..

  • Winda Agustini says:

    setuju,semakin banyak taman taman di kota bandung ini membantu udara yang kotor menjadi sejuk,tentunya harus menjaga kelestarian taman yang ada dibandung ini,jangan sampai dirusak kan sayang:(:( apalagi taman nya gratis ga bayar hehehe

  • ismayani says:

    setuju, kita harus bangga jadi orang indonesia karena indoseia mempunyai banyak taman taman yang indah bagus. dan indah untuk menjaga kesehatan.

    • Siti mariah says:

      iya saya juga setuju, tetapi akan lebih bagusnya warga indonesia menjaganya dengan lebih baik, seperti menjaga pepohonan tidak ditebang sembarangan dan membuang sampah pada tempat nya supaya kita dapat menghirup udara segar.

  • kulsum sekar pratiwi says:

    assalamualaikum..
    indah ya sekarang di bandung sudah banyak taman yang sehat dan bagus, saya suka dengan adanya taman-taman di bandung ini. kita sebagai warga bandung harus bisa menjaganya dengan baik jangan merusak dan harus menjaga lingkungan sekitarnya supaya tetap indah

  • Yuli Yanti Indah Sari says:

    Assalamulaikum wr.wb
    menurut saya jika sudah ada fasilitas yang baik dikota bandung kita sebagai warganya harus menjaganya dan jangan sampai merusak fasilitas yang ada. Karena taman tersebut sangat penting bagi keindahan dikota bandung. dan menjaga kebersihan agar terlihat indah.bersih, sejuk. Sebagai warga bandung Kita harus bangga menjadi orang bandung

  • abdulwahab says:

    Seharusnya kita bangga tinggal di bandung karena mempunyai taman-taman yang sangat bermangfaat bagi kesehatan tubuh contoh nya seperti artikel yang kita baca ini membahas tentang taman-taman di kota bandung ini. Saya harap kita sebagai orang bandung dapat menjaga fasilitas-fasilitas yang sudah diberikan secara gratis oleh pemkot bandung ini, dan yang paling penting jangan merusak fasilitas nya ok.

  • FIRMAN QOBUL ALBARKAH says:

    Jadi senang tinggal di bandung dengan banyaknya taman-taman yang indah untuk menjaga kesahatan dan kebugaran . Apalagi tamannya gratis tapi terawat