Sholawat Nabi

Ngebray.com,- Pernahkah kita mendengar atau membaca sholawat? Apabila kita pernah membaca atau mendengarkan maka tandanya kita cinta Nabi Muhammad SAW.

Salah satu bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad Salallohu Alaihi Wa Sallam yaitu dengan memperbanyak membaca Sholawat Nabi dan memiliki kesenangan dalam melantunkannya.

Selain dari pada wujud rasa cinta kepada Nabi Salallohu Alaihi Wa Sallam, Alloh juga memerintahkan kepada umat-Nya yang beriman untuk membaca Sholawat Nabi, sebagaimana yang diperintahkan oleh Alloh bserta para Malaikat-Nya.

Perintah Alloh untuk bersholawat terdapat dalam kitab Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Alloh beserta para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi, wahai orang yang beriman bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkan salam kepadanya dengan penuh rasa hormat.”

Membaca Sholawat mempunyai berbagai macam kandungan arti

  • Jika Sholawat datang dari Alloh, berarti termasuk pemberian rahmat.
  • Jika Sholawat datangnya dari Malaikat berarti memintakan ampunan.
  • Jika Sholawat datang dari orang-orang yang beriman berarti mereka berdo’a untuk diberikan rahmat.

Keutamaan Melantunkan Sholawat

andreaspaniq.wordpress.com

andreaspaniq.wordpress.com

Alloh akan mengabulkan do’a orang-orang beriman yang gemar dan cinta melantunkan Sholawat Nabi. Rosululloh Salallohu’alai Wa Sallam berkata: “Apabila diantara kaum yang beriman melantunkan bacaan Sholawat, hendaklah ia memulai dengan mengagungkan Alloh Azza Wa Jalla serta memuji-Nya, kemudian bacalah Sholawat kepada Nabi. Setelah itu berdo’alah sesuai dengan yang kalian kehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

Bagi orang yang bersholawat, maka ingatlah bahwa Sholawat tersebut datangnya dari Alloh atau rahmat Alloh. Alloh bersabda bahwa orang yang bersholawat, maka 10 rahmat baginya, “Barang siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Alloh akan memberikan rahmat sebanyak 10 kali.” (HR. Muslim)

Alloh akan mengangkat derajatnya orang yang mau bersholawat. Suatu ketika Rosululloh nampak bahagia yang terpancar dari wajahnya, kemudian para sahabat bertanya, “Ya Rosululloh, hari ini wajahmu menampakkan keceriaan”, Rosululloh berkata, “semalam saya ditemui oleh makhluk utusan Alloh, kemudian dia menyampaikan kepadaku bahwa siapa saja yang mengucapkan bacaan Sholawat, maka Alloh akan memberikan 10 kebaikan, kemudian Alloh akan menghapuskan 10 jenis keburukan serta meninggikan sebanyak 10 derajat. (HR. Ahmad)

Alloh akan mengumpulkan orang-orang yang banyak melantunkan Sholawat disurga bersama Rosululloh Salallohu’alaihi Wa Sallam, Hadits riwayat Tirmidzi berkata, “Manusia yang paling berhak bersamaku disurga adalah orang yang banyak melantunkan Sholawat kepadaku.”

Alloh akan memberikan syafaat kepada orang-orang yang banyak melantunkan Sholawat. Rosululloh bersabda, “Barang siapa yang melantunkan Sholawat 1 kali, maka Alloh akan bersholawat untuknya sebanyak sepuluh kali, maka memintalah kepada Alloh wasilah untukku, karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Alloh. Dan aku berharap bahwa akulah orang yang dimaksud tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

https://archive.org/services/img/lovesholawat

Latest posts by Robi Rohmat (see all)

19 Comments

  • Nuraeni Hasanah says:

    Alhamdulillah artikel diatas sangat membantu saya untuk lebih mengetahui keutamaan sholawat nabi

  • Ririn Merina says:

    Alhamdulillah terima kasih atas penjelasan di atas mengenai sholawat nabi. Dengan sholawat diatas membuat saya lebih paham dan memaknai akan keutamaan sholawat dan membuat saya sadar pada perbuatan kebaikan. Terima kasih atas penjelasan artikel diatas .

  • nuraeni Hasanah says:

    Alhamdulillah dengan artikel diatas membantu saya untuk lebih mengetahui keutamaan shalawat nabi .Terimakasih atas poenjelasannya

    • Ririnmerina says:

      Saya setuju dengan pendapat Nuraenihasanah karena menurut saya keutamaan bersolawat adalah kunci untuk bisa mengingat nabi muhhammad saw.dlm ragam sholawat nabi…

  • Ranti Dwi Nur Soleha says:

    Saya setuju dengan artikel diatas karena sholawat itu lebih utama.terima kasih atas penjelasan artikel diatas yang telah menjelaskan dan menyadarkan saya pada jalan kebenaran dan mengingatkan saya akan perbuatan baik .

  • AjiSetiawan says:

    Alhamdulillah dengan membaca artikel ini saya jadi bisa lebih tau seberapa besarnya sholawat kepada nabi Muhammad.SAW..Dan saya jadi mempunyai keinginan untuk terus mengerjakan sholat 5 waktu..Dan saya sangat berterima kasih kepada pembuat Artikel ini…

    • Fitri Mulyani says:

      ya benar banget dengan pendapat Ajisetiawan bahwa artikel di atas sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk mengetahui kebesaran sholawat nabi dan keutamaan sholawat nabi

  • Fitri Mulyani says:

    Assalamualaikum.wr.wb.
    Ya bener banget setelah saya baca artikel ini,
    Ini sangat membantu saya dan yang lainnya untuk lebih mendekatkan diri pada jalan yang benar. karena artikel ini tentang sholawat nabi dan saya sangat menyukai sholawat kepada nabi membuat hati menjadi tentram dan damai.
    Ada putih ada hitam
    Ada api ada air
    Ada lurus ada belok
    Ada benar ada salah
    Tinggal memilih aja
    Intinya Mari kita perbanyak sholawat dijalan kebenaran seperti yang udah dijelasin di artikel diatas . Terima kasih atas artikelnya yang bermanfaat semoga kita semua bisa lebih mengingat kebenaran…Amin.

    • Mulyana says:

      saya sangat setuju dengan pendapat fitri mulyani,karena sholawat dapat membuat hati menjadi tentram dan sholawat pula dapat menjadi jalan untuk mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad Saw di akhirat kelak .apabila harus saya memilih dari pendapat diatas,saya akan memilih “ada benar ada salah” karena saya sendiri terkadang melakukan hal yang benar dan terkadang melakukan hal yang salah.saya menyadari bahwa dibalik kelebihan saya maka banyak pula kekurangan yang dimiliki.semoga dengan artikel-artikel dan saudara-saudara yang memberikan pengetahuan yang mengenai akhlak islami,dapat membuat saya berubah menjadi lebih baik..Terimakasih kepada artikel diatas dan kepada Fitri Mulyani …

  • Eka kartika says:

    assalamualaikum
    subhanalloh setelah saya membaca artikel ini saya tersentuh dan saya bangga maka wahai muslim memperbanyaklah bersolawat kepada nabi kita Rosululloh Salallohu’alai Wa Sallam. terima kasih atas artikel diatas semua mengajarkan saya pentingnya bersalawat.

    • Rantidwinur.s says:

      Saya setuju dengan pendapat Eka Kartika karena dengan bersholawat hati kita menjadi lebih tenang dan lebih bisa mengingat akan ajaran islam yg d ajarkan kepada umat manusia…

    • Rantidwinur.s says:

      Saya setuju dengan pendapat ekakartika karena menurut sayang solawat itu membuat hati kita menjadi lebih tenang serta bisa mengingat nama”nabi dlm bersolawat…

  • IYOS Sudarmawan says:

    alhamdulilah setelah baca artikel solawat nabi yang di atas.membuat saya ingin memperbanyak solawat.

    saya mau bertanya
    ada orang yang sering melantunkan solawat. Tetapi ia jarang melaksanakan ibadah solat, apakah ia akan masuk ke surga nya allah swt?

    • Robi Rohmat says:

      Kewajiban kita sebagai seorang muslim adalah melaksanakan solat, memperbanyak sholawat nabi termasuk sunah muakad (Sunah yang diwajibkan). Masuk surga-Nya ALLOH SWT kita tidak ada yang tau. karena untuk melihat kesana harus melewati mati terlebih dahulu, kmudian timbangan amal kita selama didunia, lebih banyak berbuat baik atau berbuat jahat?

  • ajiismailhidayahtulloh says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Jika kita sering bersholawat di dunia kepada nabi muhamad SAW maka kita di akhirat akan di tolong oleh nabi, ketika di timbang amal baik dan buruk jika kita memiliki banyak amal buruk maka sholawt itulah yang akan membantu meringankan amal buruk kita di akhirat. aminn…..

  • ahmad romadon says:

    alhamdulilah artikel ini sangat membantu saya untuk mengetahui kelebihan bersalawat

  • nurul hapipah says:

    subhanalloh keterangan ini membantu saya agar saya percaya klekuatan sholawat itu begitu besar. dan membuat saya ingin sekali melantunkan sholawat di setiap harinya. begitu bermanfaat sesuatu yg datangnya dari alloh swt. terimakasih atas penjelasan di atas, semuanya membatu pengetahuan saya tentang pentingnya sholawat dan halhal yg bak.