Resep Soto Ayam

Ngebray.com,- Soto Ayam Sederhana

13754653_10210339563555539_5960692845213962128_n

Bahan-Bahan :

  • 1 kg              Daging Ayam
  • 2 liter           Air
  • Secukupnya Minyak Goreng
  • Secukupnya Bakso

Bumbu :

  • 4 siung        Bawang Putih
  • 1 sdm           Ketumbar
  • 1 jari            Kunyit
  • 2 buah         Kemiri
  • 1/2 sdt         Merica
  • 2 btg            Sereh (Di Keprek)
  • 3 cm             Lengkuas (Di Keprek)
  • 3 lembar      Daun Salam
  • 3 lembar      Daun Jeruk
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula

Pelengkap :

  • Telur (Di rebus, di belah menjadi 2)
  • Tauge (Di rendam air panas)
  • Soun (Di rebus dalam air mendidih selama +/- 2 menit)
  • Kol (Mentah, iris tipis-tipis)
  • Bawang Goreng
  • Daun Bawang
  • Seledri
  • Kecap
  • Sambal (Cabai Rawit dihaluskan/diblender, tambahkan air panas)
  • Jeruk Nipis

Cara Membuat :

  • Siapkan panci, didihkan air. Masukan daging ayam. Rebus sampai matang. Setelah itu angkat, potong dadu/suwir-suwir, sisihkan.
  • Bawang putih, ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas dihaluskan.
  • Siapkan wajan, panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum. Lalu masukan ke dalam didihan air kaldu, tambahkan bakso.
  • Tambahkan sereh, daun salam, daun jeruk, garam, dan gula. Tes rasa.
  • Siapkan mangkuk, tata bahan pelengkap, mulai dari soun, tauge, kol. Lalu siram dengan kuah. Tambahkan telur rebus.
  • Taburi bawang goreng, seledri, dan daun bawang.
  • Tambahkan kecap manis dan sambal (sesuai selera).

Soto Ayam siap disajikan dan dinikmati. Ini resep saya, kalau ada yang mau menambahkan boleh di kolom komentar yaaaa. Terima kasih.

Selamat mencoba.

 

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)

7 Comments

  • Awaludin Rifqi Gozali says:

    Terimakasih info nya resep nya sangat membantu untuk membuat soto ayam ,akan saya cobaa resep nya

  • Amilatul Ainy says:

    Terimakasih atas info resep nya, tapi apakah pada resep ini harus menggunakan bakso?? bukannya kalo soto ayam itu gak ada baksonya yahh?? tolong berikan alasannya terimakasihh:)

    • Echa Dynasty says:

      Bebas kok mba… mau pake baso atau engga… ini kan soto ayam ala saya, kalau mba mau improve resepnya misalnya ditambah atau dikurangi sesuatu juga boleh. ngga ada yang larang dan ngga jadi salah. Walaupun resepnya sama, tapi kalau beda tangan kan bisa jadi beda juga rasanya. Jadi silahkan improvisasi aja, Mba. Makasih

  • Faizal Farikh Azdani H says:

    Apakah pada resep ini harus menggunakan jeruk nipis ? Tolong beri penjelasannya terima kasih

    • Echa Dynasty says:

      Jeruk nipis itu kan masuknya pelengkap… jadi bisa di pakai bisa nggak. Semua yang ada di daftar pelengkap itu, ya cuma melengkapi aja, mau di gunakan atau enggak itu sesuai selera.

  • maulanayusufxtkji says:

    terimakasih info resepnya, izin improvisasi menunya saya mau tambah cengek 1kepal haha huaszh ladaa. jadi judul masakannya “soto ayam ladaa pisan coy”
    hahahahahaha…