Resensi Novel : Typo – Christian Simamora

Ngebray.com

Judul                            : TYPO

Penulis                         : Christian Simamora

Penerbit                       : Twigora

Tahun Terbit              : Cetakan pertama, Juli 2016

ISBN                             : 978-602-70362-7-7

Tebal Buku                  : xii + 476 Halaman ; 14×20 cm

Harga                           : Rp. 94.800,-

Peresensi                     : Esa Dynasty Alamsari

Resensi Novel

‘Kita adalah janji yang ditakdirkan untuk diingkari’, itu tagline yang tercetak di sampul depan novel, kalimatnya memang cukup ironis. Ini novel ke sekian dari Christian Simamora yang saya baca dan masih merupakan seri #jboyfriend.

Novel setebal lebih dari 450 halaman ini bercerita tentang Maisie Varma (Mai) yang dijodohkan dengan Josh Mallick oleh kedua ayah mereka, diusia mereka yang masih empat belas tahun. Namun pertunangan itu kemudian dibatalkan beberapa hari kemudian, karena protes dari Oma Josh. Sejak saat itu, semua kembali seperti semula, tapi tidak bagi Mai, dia jatuh cinta untuk pertama kali pada Josh.

Beberapa tahun kemudian mereka bertemu lagi untuk sebuah proyek anniversary hotel coklat milik ayah mereka berdua. Mereka mulai sangat dekat dan merasakan perasaan yang berbeda. Perasaan yang berusaha mereka yakini sebagai typo semata dan bukanlah cinta.

Sebenarnya, novel karya Christian Simamora, terutama seri #jboyfriend, memiliki alur cerita yang mirip, ringan, dan sejujurnya mudah ditebak kemana arahnya. Namun, tetap punya sisi yang menarik. Penyampaian ceritanya ringan, seperti mendengar curahan hati dari sahabat.

Ciri khas novel Christian Simamora adalah kita disuguhi kehidupan sosialita, glamor, high class, termasuk menampilkan gaya fashion dengan brand ternama. Ada juga nama-nama tokoh dari novel sebelumnya yang kerap diselipkan ke dalam cerita, membuat pembaca penasaran untuk membaca novelnya yang lain demi mengetahui tentang tokoh tersebut.

Karakter tokoh di setiap novel hampir mirip. Biasanya digambarkan dengan smart, beautiful, independent, dan yang pasti tajir.

“Satu hal yang kusadari ketika nyaris kehilanganmu,” ujar laki-laki itu, “aku memang baik-baik saja seorang diri. Tapi sejak mengenalmu, menjalani hidup berdua denganmu terdengar seperti petualangan yang menarik.” (hal.460).

Kalimat-kalimat sederhana tapi bermakna dalam banyak menghiasi lembaran novel ini, membuat kita mudah mencerna dan masuk ke dalam cerita.

Jangan lupa, ini adalah novel dewasa, tidak disarankan untuk pembaca dibawah umur karena ada beberapa adegan dewasa yang ditampilkan dalam cerita, pembaca diharapkan bijak dalam menanggapinya.

Novel ini juga menampilkan potongan cerita yang diambil dari novel Carina St. Tropez, berjudul Her Secret Golden, yang memperkuat alur cerita yang semula mudah tertebak ini menjadi lebih variatif dan semakin menarik. Padahal sejujurnya novel favorit Mai ini bukan novel sungguhan.

 

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)