Resensi Novel : The Isolation – Finn R

Ngebray.com,-

Judul                    : The Isolation

Penulis                 : Finn R

Penerbit               : Nulis Buku

Tahun Terbit      : 2014

Tebal Buku         : 221 Halaman

Harga                   : Rp. 60.000,-

550-b77f804b72fbae3fe5295bef184fae6b98af451b

Ulasan Singkat Novel :

Pertama membuka lembaran prolog novel ini, mata saya mulai melebar membaca rentetan kalimatnya. Jelas-jelas ini bukan tipikal novel yang bertengger apik di jajaran lemari buku saya. Bukan sama sekali.

Novel ini bercerita tentang seorang wanita bernama Elena Larasati. Secara fisik dia digambarkan cantik, menarik, tak sulit untuk pria-pria menyukainya. Elena juga hidup glamour dan bebas. Tentunya dia tidak masuk pada kategori wanita baik-baik.

Hingga suatu hari dia diculik oleh sekelompok orang tak dikenal. Elena disekap di suatu tempat yang terisolasi dari kehidupan luar, disiksa dengan sangat brutal dan kejam, dan dipaksa mengaku sebagai pembunuh seorang Bos besar mafia narkotika bernama Alex, lelaki yang pernah berkencan dengannya.

Tujuh orang pelacur dan enam orang musuh yang teridentifikasi dibunuh secara keji oleh kelompok tersebut. Dan kini nasib Elena ada di tangan orang-orang tersebut.

Di sisi lain, kisah ini menceritakan seorang pria bernama Samual yang terpaksa harus bekerja gembong narkotika tersebut karena terlibat utang dan mempunyai misi menyelamatkan adik perempuannya, Cyntia, yang entah dimana keberadaannya.

Cerita yang saling bertumpuk antara misteri satu dengan misteri lainnya yang perlahan mulai terungkap menjelang akhir cerita dalam sebuah surat yang ditulis oleh seseorang.

Unsur Intrinsik :

  • Tema

Tema besar dalam novel ini adalah tentang mengungkap misteri pembunuhan. Dibumbui beberapa aksi kekerasan yang cukup brutal dan mengerikan.

  • Latar Belakang

Setting tempat dalam novel ini sebagian besar adalah sebuah gedung tua yang merupakan tempat penyekapan dan terisolasi dari dunia luar. Ada juga beberapa lokasi lain seperti kampus, kelas, restoran mewah, dan kediaman Elena.

Latar belakang waktunya pagi, siang, dan malam. Ditambah latar belakang suasana yang penuh ketegangan, ketakutan, dan beberapa suasana yang membuat kita bergidik ngeri.

  • Alur

Alur cerita dalam novel ini campuran. Menceritakan kejadian masa kini, kemudian sedikit flashback pada kisah masa lalu, dan kemudian kembali lagi ke masa kini dengan alur maju hingga ending cerita.

  • Penokohan
    • Elena Larasati  : Gadis cantik, berkulit putih, berambut panjang, glamor, memiliki kehidupan bebas, menghalalkan segala cara demi uang.
    • Ayah Elena : Pemabuk, tidak mempunyai hubungan baik dengan putrinya.
    • Rio : Lelaki tampan, kaya raya, royal
    • Mike : Lelaki sederhana yang juga merupakan teman kampus Elena, lelaki yang mengejar cinta Elena.
    • Alex : Pria bertubuh agak tambun, penampilan kelimis dan rapi, bos besar, kaya raya, dan tentunya royal, rela memberikan apapun termasuk barang-barang mewah.
    • Samuel : Pria dengan perawakan yang atletis, karena alasan tertentu dia sempat menjadi pribadi yang dingin dan diliputi ketakutan, meskipun dia akhirnya menunjukan keberaniannya.
    • Randi : Seorang penjaga di gedung isolasi, bertubuh tambun, kaku, tengah memiliki masalah dengan istrinya.
    • Cyntia : Adik dari Samuel, cantik, baik hati.
    • Adam : Pimpinan lapangan yang bertugas di gedung isolasi, kejam, tak berbelas kasih, kasar, dan tega melakukan apa pun terhadap orang lain yang melawan perintahnya.
    • Nadia : Gadis baik hati yang tak sengaja bertemu dengan Samuel.
  • Amanat

Pesan moral yang bisa saya tangkap dari novel ini sebenarnya mengenai hukum sebab akibat. Siapa yang menanam kebaikan akan menuai kebaikan. Kembalinya seorang gadis bernama Elena ke kehidupan normal yang lebih baik.

  • Kelebihan

Alurnya menarik, membuat pembaca penasaran kemana penulis akan membawa kisah ini, sehingga menjadi candu untuk terus membaca halaman demi halamannya. Ending twist membuat pembaca terbelalak pada akhirnya.

  • Kekurangan

Ada beberapa adegan yang terkesana monoton. Pemilihan kata yang kurang pas di beberapa kalimat, beberapa kesalahan penulisan kata depan dan imbuhan.

 

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)