Resensi Novel : Singing Dreaming Loving – Tentang Senandung Nada, Mimpi, dan Cinta Sejati

Ngebray.com,

Judul                    : Singing Dreaming Loving

Penulis                 : Esa Dynasty Alamsari

Penerbit               : Nulis Buku

Tahun Terbit      : 26 Juni 2014

Tebal Buku         : 226 Halaman

Harga                   : Rp. 56.000,-

thumbnail-cover-singing-dreaming-loving

Sinopsis Novel :

Novel ini bercerita tentang Queera, gadis yang berprofesi sebagai wedding singer di sebuah grup entertainment bernama Sopranoz, milik seorang pria bernama Rakha.

Profesionalitas dalam pekerjaannya membawa Queera pada sebuah momen dimana tak seorang wanita pun mau mengalaminya, dia harus bernyanyi di acara resepsi pernikahan mantan kekasih yang masih sangat dicintainya.

Rasa sakit itu membuat Queera menjadi workaholic, dia bekerja tak kenal waktu. Hingga di akhir rangkaian pekerjaannya dia mampir ke sebuah coffee shop, menyesap kopi favorite-nya, sembari merelaksasikan tubuh lelahnya.

Tempat itu juga yang akhirnya membuat Queera lebih dekat dengan Rakha yang notabene adalah atasan di tempatnya bekerja.

Kedekatan yang kemudian mengubah status hubungan mereka berdua. Rakha dengan pembawaannya yang tenang dan dewasa, nyatanya sanggup meruntuhkan dinding kecewa yang sempat menutupi hati Queera.

Bersama Rakha bahkan Queera bisa mencapai mimpinya untuk masuk ke salah satu ajang kompetisi tarik suara paling bergengsi.

Namun di tengah perjuangan Queera menggapai mimpi. Dia harus di hadapkan pada kenyataan bahwa Rakha berselingkuh dengan Clara. Sahabat sekaligus rekan kerjanya di Sopranoz.

Queera harus mampu berdiri tegak dan melanjutkan perjuangan menggapai mimpi dengan hati terluka.

Beberapa unsur intrinsik yang terdapat pada Novel Singing Dreaming Loving adalah :

  • TEMA

Tema besar yang diusung penulis dalam novel Singing Dreaming Loving adalah tentang kehidupan percintaan. Namun diisi dengan perjuangan meraih mimpi yang dimulai dari hobi.

  • LATAR BELAKANG

Latar belakang novel ini adalah kota Bandung dan Jakarta. Tempat-tempatnya adalah studio musik, gedung dan hotel tempat event berlangsung (nama-nama disamarkan). Setting waktunya ada pagi, siang, sore, dan malam. Latar belakang suasana sedih, mengharukan, menyenangkan.

  • ALUR

Novel ini menggunakan alur campuran. Menceritakan masa kini, kemudian ada sedikit flashback, hingga akhirnya maju sampai ending.

  • PENOKOHAN

Berikut adalah penjelasan tentang karakter tokoh dalam novel Singing Dreaming Loving :

  • Harmony Queeranna Elodie (Queera)

Gadis bertubuh mungil berambut panjang, memiliki suara merdu, dia termasuk gadis yang cukup tertutup jika dibandingkan dengan anggota Sopranoz yang lain.

  • Ziyan Rakha Labdhagati (Rakha)

Seorang pria dengan perawakan tinggi, atletis, berwajah sangat Indonesia, memiliki suara yang menghanyutkan dan jago memainkan alat musik. Memiliki jiwa pemimpin yang disegani sekaligus disenangi.

  • Ardha

Pria tampan, menarik, bersuara merdu, piawai memainkan alat musik, tidak sabaran, dan mudah terbawa suasana.

  • Clara

Tokoh yang memiliki kemampuan hampir sama dengan tokoh utama (Queera) dalam hal tarik suara. Sedikit licik dan menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.

  • Joan

Gadis dengan pembawaan ceria, heboh, dan selalu meramaikan suasana.

  • Radit

Pria bersuara bass, berwajah oriental, baik, dan care.

  • Mia

Tokoh yang bertugas sebagai resepsionist di Sopranoz.

  • Wika

Pria yang sangat setia, rela berkorban untuk seseorang yang dicintainya, tulus.

  • AMANAT

Akan lebih mudah menjalani pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kita sukai atau bahkan hobi kita. Bahkan hobi tersebut tidak menutup kemungkinan bisa menjadi amunisi untuk mencapai impian besar kita. Jangan pernah takut untuk bermimpi, nikmati prosesnya, nikmati setiap kompetisinya. Jangan ragu mencinta, karena cinta sejati itu ada.

  • KELEBIHAN

Novel ini memiliki alur yang seru. Kita disuguhi beberapa ilmu tentang dunia tarik suara sampai tentang fashion. Ada selipan motivasi yang dirangkum apik dalam kalimat-kalimatnya. Ada playlist yang bisa diputar untuk menemani kita menikmati olahan kata pada setiap babnya.

  • KEKURANGAN

Masih ada beberapa kesalahan ketik, ada beberapa part yang terkesan buru-buru dan dipaksakan untuk berakhir, kurang eksplorasi emosi untuk cerita antara Queera dan Ardha.

 

admin
Follow bray

admin

Admin at Ngebray
Saya selaku admin dari ngebray.com yang mengelola sepenuhnya.
Saya seorang pengusaha yang mengajak semua guru-guru di Indonesia untuk memberikan layanan kepada masyarakat khususnya pagi perkembangan siswa-siswa terbaik dan teladan di Indonesia.

Kami hadir dengan Ngebray Store, dengan berbagai macam produk baik local ataupun importir.

Wassalammualaikum
Admin
admin
Follow bray

Latest posts by admin (see all)