Resensi Novel : Rogue Lawyer – John Grisham

Resensi Novel  Rogue Lawyer – John Grisham

Penulis : John Grisham

Editor : Rini Nurul Badariah

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : 2015 (AS), 2017 (Indonesia)

Harga : Rp. 100.000,-

Peresensi : Finn R

Nama saya Sebastian Rudd, hidup dalam apartemen anti peluru, kadang harus tidur dalam mobil van yang dibuat nyaman, penuh dengan senjata, kaca anti peluru, dan bourbon adalah minuman kesukaannya.

Novel ini adalah Legal Thriller yang ditulis dengan gaya bahasa provokatif dan cepat, mungkin seperti dirinya yang lain dari Grisham semasa ia aktif menjadi pengacara.

Novel terkenal dari Grisham yang pernah difilmkan antara lain, A Time to Kill & Pelican Brief. Pada tahun 2017 ini ia mengeluarkan novel yang lebih ke thriller/suspense (lawyerless) berjudul Camino Island.

Di negara sebesar AS yang menggunakan sistem juri dalam mengambil keputusan ini, ternyata masih banyak cara-cara penyelesaian hukum dengan cara “main belakang”.

Konten selanjutnya yang saya tulis mungkin akan mengandung Spoiler, dont read too much ya kalau berminat beli bukunya. Hehe.

Rudd adalah seorang pengacara tanpa koneksi dengan asosiasi manapun, ia tidak punya teman, memiliki seorang pengawal bernama Partner. Rudd bercerai dengan istrinya bernama Judith dan memiliki seorang anak berusia 7 tahun bernama Stratcher.

Setiap bulannya, Rudd punya jatah minum dua gelas bersama Judith yang sudah punya pasangan kembali seorang lesbian bernama Ava, dan jatah 36 jam untuk bertemu anaknya.

Insiden perkelahian Stratcher (sang anak) di sekolah di bebankan tanggung jawabnya kepada Rudd oleh Judith karena ia telah mengajak sang anak ke acara tarung bebas tanpa sepengetahuan nya.

Rudd pun akhirnya berkenalan dengan guru sekolah Stratcher yang seksi bernama Naomi Tarrant, usai ajakan ke lima kalinya untuk minum di tolak akhirnya Rudd berhasil menidurinya.

Novel ini lebih berupa kumpulan kasus yang mana ada yang sekali jalan (per bagian) selesai, ada juga yang masih berlanjut di antara selingan kasus lainnya.

Bagian pertama di buka dengan kasus, seorang anak metal berambut gondrong yang di tuduh melakukan pembunuhan terhadap dua remaja putri. Rudd harus membuktikan bahwa bocah metal itu tidak bersalah, dengan bantuan Tadeo (petarung bebas yang juga teman Rudd dan akhirnya di bab selanjutnya ia terkena kasus hukum) , Rudd mencari tahu pelaku sebenarnya.

Glock 19 adalah senjatanya yang selalu ia kepit dengan holster di dekat ketiaknya. Di masa lalu mobil van miliknya pernah di bom, lalu terlibat perkelahian dengan anak buah Link Scanlon (mafia paling berbahaya dengan ancaman hukuman mati) dan Partner adalah pengawalnya yang berhasil memukul balik mereka, namun konsekuensi serangan balasan harus diterima dikemudian hari.

Kasus penculikan Jilliana Kempft menjadi kasus yang tak terpecahkan selanjutnya, sehingga si Rudd ini malah di ajak main teka-teki yang penuh kebohongan oleh calon kliennya yang akan dikenakan tuduhan pembunuhan Jilliana Kempft.

Sebelumnya Rudd berhasil memenangkan perkara seorang tentara tua yang rumahnya salah grebeg oleh tim SWAT, dalam penggerebekan itu, si kakek kehilangan istrinya usai ditembak tujuh kali oleh SWAT. Tuntutan US$ 1 juta pun diajukan plus pemecatan ke 8 anggota tim SWAT.

Kelebihan novel ini.

Gaya bahasa yang sarkas, cepat, dan skeptis, serta pemilihan diksi yang tepat. Grisham tidak main aman, dan ceplas ceplosnya membuat cerita menjadi menarik.

Memiliki alur ketegangan di setiap babnya, jalan cerita tidak selalu serta merta perdebatan di ruang sidang serta selingan kehidupan pribadi Rudd yang penuh liku.

Partner, pengawalnya menjadi tokoh yang kurang tersentuh sehingga membuat pembaca penasaran siapa tokoh tersebut.

Seorang anti hero yang gak perlu jadi hero dan Grisham selaku penulis berusaha untuk tetap mempertahankan karakter Rudd seperti itu.

Kekurangan novel ini.

Ada kasus yang terkesan di panjangkan tetapi kurang menegangkan karena bukti sudah terpampang jelas, ini hanya bagaimana kelihaian seorang Rudd berusaha untuk meringankan hukuman.

It`s recommended for me.
8/10

admin
Follow bray

admin

Admin at Ngebray
Saya selaku admin dari ngebray.com yang mengelola sepenuhnya.
Saya seorang pengusaha yang mengajak semua guru-guru di Indonesia untuk memberikan layanan kepada masyarakat khususnya pagi perkembangan siswa-siswa terbaik dan teladan di Indonesia.

Kami hadir dengan Ngebray Store, dengan berbagai macam produk baik local ataupun importir.

Wassalammualaikum
Admin
admin
Follow bray

Latest posts by admin (see all)