Resensi Novel : Dil3ma – Mia Arsjad

Ngebray.com

Judul                           : Dil3ma

Penulis                        : Mia Arsjad

Penerbit                      : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit              : Cetakan kedua : Oktober 2010

ISBN                            : 978-979-22-5017-6

Tebal Buku                 : 336 Halaman; 20 cm

Harga                           : Rp. 33.000,-

Peresensi                     : Esa Dynasty Alamsari

 

 

Resensi Novel

Novel ini tentang 3 sahabat. Wanita. Lajang. Dengan masalah masing-masing. Lura, yang mempunyai kebiasaan buruk mempermainkan laki-laki, padahal ada Robi yang baik dan setia di sampingnya. Mala, yang punya hubungan gelap dengan Mas Sis, atasannya, dan masih menunggu bosnya itu menceraikan istrinya. Kemudian ada Nania, dengan pacar yang matre dan abusive secara verbal bernama Reva, tapi tetap bertahan dan tak mau putus hanya karena takut jadi jomblo abadi.

Novel yang ditulis dari sudut pandang ‘aku’, yang dalam cerita ini adalah Nania, sukses membuat saya sebel, marah, sedih, happy, dan merasa menang sepanjang membaca kisahnya. Nania yang digambarkan sebagai sosok wanita independen, pintar, pimpinan sebuah perusahaan, dan berada di strata ekonomi atas. Tapi dia tak bisa lepas dari Reva pacarnya yang menurut saya sedikit gila. Dia bisa membuat Nania benci dan terhina tapi tetap bertahan bersamanya. Dia bisa membuat Nania yang sukses, seolah menjadi wanita paling tak berguna di hadapannya. Ini yang bikin saya sebel dan geregetan.

Lain Nania, lain juga Lura. Pramugari yang punya pengalaman pahit tentang laki-laki dari ibunya. Secara fisik Lura memang di gambarkan cantik, wajahnya blasteran. Lura punya Robi, lelaki baik hati yang setia dan menerima dia apapun keadaanya. Tapi, dia masih saja kencan dengan laki-laki buaya dengan tujuan membuat mereka jera dan mempermalukannya. Lura buat saya terkesan superior, kuat, dan berkuasa, tapi juga bikin gereget karena dia seolah tak menghargai Robi yang begitu baik di sisinya.

Terakhir ada Mala. Sang sekretaris yang cinlok sama bosnya. Dia sabar menunggu si bos bercerai dengan istrinya. Dia percaya bosnya ini memang sudah bermasalah dengan istrinya dan hubungannya tak harmonis. Meskipun kenyataannya sebaliknya. Mala membuat saya frustasi dan kesal pada akhirnya. Apapun alasannya, cheating dengan suami orang itu tidak dibenarkan. Tapi, sosok Mala di novel ini memang memberi warna tersendiri.

Tiga wanita, tiga dilema. Tiga masalah yang sebenarnya cukup dekat dengan kehidupan sehari-hari dan bisa terjadi dalam kehidupan siapa pun. Dikemas dengan gaya penulisannya yang ringan, kekinian, dan menarik. Tapi juga cukup apik menyiratkan pesan dari setiap konflik yang dihadirkan.

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)