Resensi Novel : Coffee Addict With Love – Masa Lalu dan Masa Kini Dalam Secangkir Kopi

Ngebray.com,

Judul                    : Coffee Addict With Love

Penulis                 : Esa Dynasty Alamsari

Penerbit               : Nulis Buku

Tahun Terbit      : 29 Maret 2016

Tebal Buku         : 340 Halaman

Harga                   : Rp. 90.100,-

thumbnail-cover-coffee-addict-with-love-esa-dynasty-alamsari

SINOPSIS NOVEL

Tokoh utama dalam novel ini dikisahkan sangat menyukai kopi. Espresso dan Ristreto jadi varian kopi favorite-nya. Jingga Kayanna Puri, gadis cantik yang pernah memutuskan untuk pindah kembali ke kota kelahirannya di Bandung karena patah hati. Berhentinya hubungan yang sudah dijalani dengan kekasihnya, Lysander Zephyr, membuat Jingga ingin menjauh.

Di kota berjuluk ‘Paris Van Java’ ini dia bertemu dengan sahabat-sahabat yang sangat menyayanginya. Mereka adalah Kalandra, Ivy, Noe, dan Zaniel. Tak hanya itu, Jingga juga berkenalan dengan Ganendra Javas Gahyaka (Javas), seorang pengusaha muda, sukses, pemilik Immacolatta Cafe, Kifle Earth Coffee, dan Latrevo Tours & Travel. Pekerjaan Jingga sebagai seorang konsultan, membuka jalan ceritanya bersama Javas.

Bahkan pria itu begitu yakin akan memperistri Jingga, sampai akhirnya dia membawa Jingga untuk diperkenalkan dengan Ibundannya, satu-satunya orang tua yang tersisa.

Sebuah kejadian membawa Jingga kembali bertemu Lysander. Membuatnya tiba-tiba diliputi rasa ragu. Ragu itu kian lama kian merebak dan menganggu rencana pernikahannya dengan Javas yang tinggal selangkah lagi.

Jingga galau, antara ingin memberi kesempatan sekali lagi pada Lysander, atau memantapkan hatinya untuk Javas.

UNSUR INTRINSIK DALAM NOVEL

  • TEMA

Tema besar yang ingin diangkat oleh penulis masih seputaran kisah cinta, karena memang ini novel romance. Sekalipun ada kisah persahabatan yang erat. Dunia pekerjaan juga mulai dimunculkan walaupun tidak terlalu kentara. Dan ada aksen budaya yang juga turut diikutsertakan.

  • LATAR BELAKANG

Latar tempat di novel ini cukup banyak. Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan. Meskipun Bandung masih jadi dominasi. Untuk lokasi yang lebih spesifik ada kantor, cafe, coffee shop, rumah, dan angkringan di Yogyakarta, dan beberapa destinasi wisata.

Latar waktu yang dijelaskan pagi, siang, sore, malam.

Dan latar suasana kesedihan, jatuh cinta, haru, bahagia, di mix dengan apik.

  • ALUR

Plot novel ini sebenarnya dibuat maju, meskipun disisipi flashback untuk memperkuat kesan cerita.

  • PENOKOHAN
    • Jingga Kayanna Puri (Jingga) : Gadis manis, selalu beraroma bayi, pintar, mudah terbawa suasana, pencinta kopi.
    • Lysander Zephyr (Sander) : Pria blasteran Indonesia- Belanda, tampan, pewaris tahta Zephyr Corporate, suka foya-foya
    • Ganendra Javas Gahyaka (Javas) : Eksekutif muda, Rising Star di dunia bisnis, pekerja keras, cerdas, sukses, memiliki postur tubuh ideal dengan tinggi 180 cm, atletis, matanya dalam, rahang kokoh, dan hidung mancung, bersuara berat.
    • Kalandra : Sahabat Jingga,  tipikal wanita bertubuh ideal bak model, berwajah manis tapi jutek, cuek, dan bicaranya ceplas-ceplos
    • Ivy : Sahabat Jingga, bertubuh mungil, berwajah cantik, nampak anggun, tapi senang mengendarai motor sport, heboh.
    • Zaniel : Sahabat Jingga, seorang Sarjana Hukum, tampan, memiliki wajah khas pria Eropa Timur, keturunan Jawa-Moldova, atletis, baik.
    • Noe : Sahabat Jingga, perawakannya subur, lucu, baik hati, penceria suasana, paling tahu tempat makan enak
    • Ibu Gea : Judes, penampilan ala-ala sosialita, cenderung menilai orang dari kekayaan.
    • Ibu Mirna : Berwajah khas Jawa, penampilan sederhana, baik hati, dan lemah lembut
  • AMANAT

Pesan yang bisa diambil dari novel ini tentang kesetiaan, berpegang teguh pada pendirian (tidak plinplan) karena cenderung akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Ada pesan persahabatan yang sangat kuat yang ingin ditunjukan dalam novel ini. Sahabat yang selalu ada dalam suka duka, sahabat yang baik yang mengingatkan ketika kita melenceng terlalu jauh, sahabat yang tidak meninggalkan meskipun kita pernah tak mendengarkan nasehatnya. Novel ini juga mengajarkan kita untuk tak lupa bersyukur. Karena terkadang kita lupa dengan hal terbaik yang sudah diberi dalam hidup.

[amazon_link asins=’1524732680,0553447084,1455570249,0062300547,0544609719,B00GH9EUMW,6022513723,6020021319,9799105242′ template=’ProductCarousel’ store=’galon03-20′ marketplace=’US’ link_id=’7a4ea546-2d99-11e7-93ae-fd6898d5e74d’]

  • KELEBIHAN

Kisah yang mungkin dekat dengan kehidupan sehari-hari. Kemasan cerita yang menarik antara kehidupan pribadi, hubungan dengan pasangan, masa lalu, pekerjaan, dan sahabat. Covernya juga cukup menggiurkan untuk mata melirik dan sedikit mengintip isinya. Sosok Javas yang menjadi tokoh utama di novel ini pun cukup menjadi kelebihan bagi pembaca wanita khususnya.

  • KEKURANGAN

Ada kalimat-kalimat yang menggantung. Sepertinya luput saat edit. Typo masih ada di beberapa bagian, namun tak cukup menganggu. Ada emosi antar tokoh dalam part tertentu yang kurang tereksplor dengan baik, sehingga feelnya jadi kurang tersampaikan.

admin
Follow bray

admin

Admin at Ngebray
Saya selaku admin dari ngebray.com yang mengelola sepenuhnya.
Saya seorang pengusaha yang mengajak semua guru-guru di Indonesia untuk memberikan layanan kepada masyarakat khususnya pagi perkembangan siswa-siswa terbaik dan teladan di Indonesia.

Kami hadir dengan Ngebray Store, dengan berbagai macam produk baik local ataupun importir.

Wassalammualaikum
Admin
admin
Follow bray

Latest posts by admin (see all)

2 Comments