Resensi Novel : Career Of Evil – Robert Galbraith

Ngebray.com

Judul                : Career Of Evil

Pengarang       : Robert Galbraith

Tahun              : 2016
Genre               : Thriller – Mystery
Harga               : Rp. 178.000,-
Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama

Resensi Novel

Career of Evil yang dalam versi terjemahan menjadi Titian Kejahatan adalah seri ketiga dari perjalanan seorang detektif partikelir, Cormoran Strike (sebelumnya Thr Cuckoos Calling & Thr Silkworm).

Sebuah tungkai wanita dikirim ke kantor Strike, dan ia pun menduga ada empat orang di masa lalunya yang paling mungkin melakukan perbuatan tersebut.

Dalam perjalanannya ia dibantu oleh Shanker, sahabat baik Strike yang memanggil Strike dengan sebutan “bunsen”, memiliki tampilan dekil, bertato, kurus yang membantu setiap penyelidikannya demi uang. Ia juga membenci Whittaker sama seperti Strike membenci ayah tirinya tersebut.

Strike adalah mantan polisi militer tentara Inggris, ia kehilangan salah satu kakinya sewaktu penugasan Di Afghanistan, kembali ke London dan tinggal di Denmark Street lalu membuka jasa detektif, kasus pertamanya dalam menemukan sang pembunuh model cantik, Lula Landry berakhir dengan kesuksesan.

Strike sehari-harinya di bantu oleh asisten cantik bernama Robin Ellacot.

Daftar tersangka adalah sbb :

Donald Laing
Mantan militer yang pernah di audit oleh Strike karena melakukan kejahatan terhadap anak dan istrinya sendiri, di ring tinju ia pernah berduel dengan Strike dan mengalami kekalahan, tidak terima, ia pun memukul balik hidung Strike hingga patah.

Noel Brockbank
Seorang mayor yang pernah tugas di Bosnia dan Teluk, ia menikahi seorang janda dengan 2 orang anak. Ia Seorang pedofilia dan memperkosa anak angkatnya sendiri yang berumur 12 tahun. Saat Strike menyelidiki kasusnya, ia terlibat baku hantam dan menyebabkan cedera otak serius.

Jeff Whittaker
Ayah tiri Strike, pernikahannya dengan Leda Strike (ibu Strike), dikenal bengis, anak band, bertato, jorok, dan gondrong. Sejak remaja , Strike membenci ayahnya karena diduga ia telah membunuh ibunya, Leda.

Digger Malley
Seorang gangster, belakangan diketahui saat tungkai itu dikirim, ia tengah berada di Spanyol.

Kelebihan buku ini.
-Covernya menarik, lebih kelam dan gelap dibandingkan dengan dua buku sebelumnya (Thr Cuckoos Calling & The Silkworm).

-Premis yang digunakan dalam buku ini berbeda dari dua buku sebelumnya, sehingga jalan ceritanya menjadi lebih segar, yaitu pembunuhan berantai.

-Konflik yang cukup banyak dengan dibalut drama, Galbraith AKA Rowling pandai dalam bertutur dan membuat seolah karakter itu menjadi lebih hidup. Terutama konflik Whittaker dan Strike, memicu emosional sang pembaca.

-Ellacot, sang sekretaris menemui babak baru dalam kehidupannya.

-Banyak mengumbar sisi lain kehidupan Strike di masa lalu, terutama teman/musuh nya di kemiliteran, kehidupannya bersama sang ayah tiri, dan ibu kandungnya, Leda Strike, yang seorang istri rocker.

-Nyaris tidak ada typo, dengan font type yang pas.

Kekurangan buku ini.
Saya pribadi sulit sebenarnya melihat kekurangan dari buku ini, mungkin ini beberapa yang bisa saya paparkan.

-Beberapa teknik Strike dalam menghimpun informasi adalah teknik lama (pengulangan) dari dua buku sebelumnya.

-Sang tokoh utama kurang terjepit dalam suatu masalah pelik, meski penulis mencoba menciptakan beberapa karakter antagonis untuk menekan Strike terkait pekerjaannya seperti yang dilakukan oleh Inspektur Roy Carver (seteru lama Strike dalam Lula Landry Chase).

-Shanker menjadi jalan keluar atas semua masalah yang dihadapinya.

By Finn. R

ON FB : vinhramdhansetiawan@yahoo.co.id

admin
Follow bray

admin

Admin at Ngebray
Saya selaku admin dari ngebray.com yang mengelola sepenuhnya.
Saya seorang pengusaha yang mengajak semua guru-guru di Indonesia untuk memberikan layanan kepada masyarakat khususnya pagi perkembangan siswa-siswa terbaik dan teladan di Indonesia.

Kami hadir dengan Ngebray Store, dengan berbagai macam produk baik local ataupun importir.

Wassalammualaikum
Admin
admin
Follow bray

Latest posts by admin (see all)