Resensi Novel : A Copy Of My Mind – Dewi Kharisma Michellia

Ngebray.com

Judul                             : A Copy Of My Mind

Penulis                          : Dewi Kharisma Michellia

Penerbit                        : Grasindo

Tahun Terbit               : Cetakan pertama, April 2016

ISBN                             : 9786023754014

Tebal Buku                  : 199 Halaman

Harga                          : Rp. 42.500,-

Peresensi                   : Esa Dynasty Alamsari

Resensi Novel

Novel ini diangkat dari sebuah film dengan judul yang sama, diperankan oleh Chicco Jerikho sebagai Alek dan Tara Basro sebagai Sari.

Sari adalah pegawai sebuah salon kecantikan yang juga pecandu film. Sementara Alek adalah penerjemah DVD bajakan. Mereka bertemu ketika Sari complain tentang kualitas terjemahan film yang sangat buruk.

Sejak itu mereka berdua mulai dekat dan tak butuh waktu lama untuk saling jatuh cinta. Namun kebahagiaan itu seolah terenggut paksa pasca Sari ditugaskan untuk melakukan perawatan wajah pada Bu Mirna, seorang narapidana (makelar suap) kasus korupsi yang melibatkan pejabat Negara, di rutan dengan fasilitas sel ‘istimewa’.

Kesalahan Sari adalah dia mengambil sekeping DVD dari sel Bu Mirna. Membuat Sari dan  Alek dicari oleh orang-orang suruhan Bu Mirna.

Dibanding versi film, saya lebih menikmati versi novel, yang menurut saya jauh lebih detail. Versi film terasa ada beberapa plot yang hilang, kemudian seolah ditambal dengan versi novel. Untungnya saya membaca novelnya dulu baru menonton filmnya, sehingga rasanya lebih masuk ke dalam cerita. Saya merasa menonton film dengan lebih dahulu tahu isi skenarionya. Kira-kira begitu rasanya.

Semua adegan dan dialog di film dituangkan ke dalam novel tanpa dikurangi, malah ditambahkan dengan narasi yang mendetail dan membuat jiwa ceritanya menjadi lebih hidup.

 

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)