Resensi Komik : Fallen Snow for You – Koyomi Minamori

Judul                         : Fallen Snow for You (Komik)

Genre                        : Romance, Persahabatan, Keluarga

Penulis                      : Koyomi Minamori

Alih Bahasa             : Andithy Crista

Penyunting              : Mustika Arum

Artistik                     : Angela Stefanny Budi

Penerbit                   : Gramedia

Tahun terbit            : 2013

Jumlah halaman     : +- 180 halaman

ISBN                          : 9786022661023

Peresensi                  : An Niswa Hasanah (Aniez)

Sinopsis:

“Kalau ada yang ‘nembak’ aku, aku juga ingin saat bersalju.”
Itulah impian Suzu. Di tengah musim dingin, Toogo menyiapkan ‘impian’ Suzu dan mengajaknya bertemu untuk menyatakan cinta. Tapi sebelum sempat mengungkapkan cintanya, Toogo mengalami kecelakaan terjatuh dari pohon. Toogo tersadar 4 tahun kemudian. Lalu, masihkah Suzu menunggunya?

Kelebihan: Dalam komik ini, ada empat cerita berbeda; Fallen Snow for You, The Windmills, Boundary Line, When Summer Blooms. Untuk masing-masing cerita, memberikan pesan moral yang apik. Namun pada intinya, cinta lah yang menjadi dasar keempat cerita tersebut. Baik cinta kepada teman, calon pacar, maupun sahabat. Bahasanya dikemas dengan ringan sehingga mudah dipahami, tentu disertai dengan gambar yang menarik sehingga tidak membuat bosan.

Kelemahan: Dalam beberapa bagian komik, ada beberapa gambar yang tak layak dipaparkan, seperti adegan ciuman. Walaupun itu sudah menjadi hal lumrah dalam sebuah komik remaja, tetap saja itu bisa merusak moral remaja.

Kesimpulan: Meskipun komik ini hanya fiksi, namun moral cinta yang disuguhkan sungguh luar biasa, seperti salah satu judul _”Fallen Snow for You”_, di situ diceritaka  tokoh Toogo berjuang mewujudkan impian Suzu, ditembak saat musim salju. Padahal saat itu bukan musim salju. Ia rela membuat salju rekaan untuk Suzu hingga ia terjatuh dari pohon dan koma selama 4 tahun. Meskipun ada beberapa gambar tak layak, tetapi tak begitu menjadi masalah karena bagian lainnya bisa menutupi kekurangan tersebut.

(Aniez)

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)