Resensi Buku : Hikmah Olahraga Memanah & Berkuda – Aa Gym

Ngebray.com

Judul                           : Hikmah Olahraga Memanah & Berkuda

Penulis                        : Abdullah Gymnastiar

Penerbit                      : Emqies

Tahun Terbit              : Cetakan Pertama : November 2016

ISBN                            : 978-602-0814-19-3

Tebal Buku                 : 123 halaman

Harga                          : Rp. 30.000,-

Peresensi                    : Esa Dynasty Alamsari

 

 

Resensi Buku

 

Allah Swt lebih mencimtai muslim yang kuat daripada muslim yang lemah meski pada keduanya terdapat kebaikan. Olahraga memanah dan berkuda adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad Saw yang sangat dianjurkan bagi kita selaku umatnya. Olahraga tidak hanya melatih kekuatan fisik semata namun sekaligus juga dengan kekuatan mental.

Salah satu kegiatan yang digemari Rasulullah Saw dan beliau anjurkan untuk kita amalkan adalah kegiatan olahraga berkuda. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah, “Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah” (HR. Bukhari dan Muslim)

Buku ini mengajak kita memetik hikmah yang terdapat dalam 2 olahraga yang disunnahkan Rasulullah Saw, yaitu memanah dan berkuda.

Memanah merupakan salah satu olahraga yang sarat akan hikmah. Salah satunya adalah target. Memanah membutuhkan target atau sasaran yang dituju untuk melesatkan anak panah. Sama seperti kehidupan yang kita jalani, dalam hidup kita memerlukan target, sasaran yang ingin kita capai. Tujuan hidup kita apa dan akan kemana. Target kita adalah ridha Allah Swt. Sehebat apapun amal, jika Allah tidak ridha maka tidak bernilai. Sebaliknya, sekecil apapun amal, jika Allah ridha maka nilainya akan jauh berlipat.

Mari kita renungi perkataan Imam Syafi’I Ra., “Berdoa ketika engkau tahajud adalah bagaikan memanah dan tepat mengenai sasaran!”

Olahraga sunnah selanjutnya adalah berkuda. Dari berkuda kita bisa mengambil beberapa hikmah. Tidak bisa dipungkiri bahwa keterampilan menunggangi dan mengendalikan makhluk Allah yang bernama kuda itu membutuhkan keberanian. Maka, melatih diri dengan olahraga berkuda berarti kita sedang melatih mental kita untuk memiliki keberanian.

Masih banyak sekali hikmah yang bisa kita petik dari kedua olahraga sunnah ini. Sungguh, tidak ada sesuatu sekecil apapun yang Allah Swt ciptakan secara sia-sia. Tidak ada sesuatu yang disunnahkan oleh Rasulullah Saw melainkan pasti sesuatu itu bermanfaat dan mengandung pelajaran. Wallahua’lambishawab.

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)