Membentak Suami Itu Dosa Besar!

istri-teriak

Ngebray.com – Assalammu’alaikum, Sistah mungkin dalam masalah rumah tangga pasti ada pertengkaran dan itu cukup rumit untuk menentukan nada suara teradap lawan pertengkaran khususnya seorang istri terhadap suami.

Ternyata Islam sangat menegur terhadap seorang istri untuk masalah suara, istri tidak boleh nada suara melebihi suami. Apakah itu sulit untuk melakukannya ? Yuk belajar…

Mungkin Istri Sholehah adalah jawabannya untuk semua ini, karena hanya istri yang paham dan takut kepada Allah solusinya.

Rasulullah -Shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda,

لاَ تُؤْذِي امْرَأَةٌ زَوْجَهَا فِي الدُّنْيَا إِلاَّ قَالَتْ زَوْجَتُهُ مِنَ الْحُوْرِ الْعِيْنِ : لاَ تُؤْذِيْهِ , قَاتَلَكِ اللهُ , فَإِنَّمَا هُوَ عِنْدَكَ دَخِيْلٌ يُوْشِكُ أَنْ يُفَارِقَكِ إِلَيْنَا

“Tidaklah seorang istri menyakiti suaminya di dunia, melainkan istrinya dari kalangan bidadari akan berkata, “Janganlah engkau menyakitinya. Semoga Allah memusuhimu. Dia (sang suami) hanyalah tamu di sisimu; hampir saja ia akan meninggalkanmu menuju kepada kami” (HR. At-Tirmidzi)

Mungkin dari Hadist satu itu seorang istri akan paham jika suami yang sholeh dan takut Allah itu akan diharapkan oleh bidadari surga, bahkan mereka akan berdoa jika seorang istri menyakiti suaminya.

Jadi jangankan membentak suara melebihi suamipun tidak boleh hukumnya dan itu dosa besar. Suami itu orang yang paling harus ditaati dan dihormati oleh seorang istri. Adapun Rosulullah dalam haditsnya :

“Seandai aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan seorang istri utk sujud kepada suaminya.” (HR Abu Daud, Al-Hakim, Tirmidzi)

“Tidaklah pantas bagi seorang manusia untuk sujud kepada manusia yang lain. Seandainya pantas/boleh bagi seseorang untuk sujud kepada seorang yang lain niscaya aku perintahkan istri untuk sujud kepada suaminya dikarenakan besarnya hak suaminya terhadapnya…” (HR. Ahmad)

“Dan sebaik-baik istri adalah yang taat kepada suaminya, bijaksana, berketurunan, sedikit bicara, tidak suka membicarakan sesuatu yang tidak berguna, tidak cerewet dan tidak suka bersuara hingar-bingar serta setia kepada suaminya.” (HR. An Nasa’i).

Yuk belajar, karena belajar itu indah…..

Mungkin jika memang ingin marah karena kesalahan suami ada cara lain untuk melakukan dan menunjukan bahwasanya seorang istri itu marah terhadap suami dan itu memang kesalahan suami, contoh tidak menaati perintah Allah.

Biasanya jika marah itu solusinya langsung istighfar, minta ampunlah pada Allah untuk mendapat rasa tenang dihati, kemudia ajak suami itu duduk dan ajak berbicara atau berbincang-bincang dengannya.

Jika masih marah ambil napas atau atur nafas kita, jangan biarkan kemarahan itu membuat kita tidak terkontrol.

Jika tetap masih ada perasaan marah hindari obrolan karena dalam keadaan marah tidaklah baik berbicara, segeralah ambil air wudhu kemudia sholat sunah dan mintalah ketenangan kepadaNya.

Mungkin sudah merasa tenang barulah berbicara kepada suami, ingatkan dia dengan cara yang baik dan carilah solusi jangan mencari masalahnya saja tapi solusinya ya.

Tips jangan menasehati suami, seolah-olah suami itu dibawah, kerena memang itulah takdir suami akan merasakan selalu diatas, jadi seorang istri harus lebih pintar  dalam hal ini, insyaAllah solusi akan selalu ada. Karena semuanya sudah ada tata cara dan Allah sudah memberikan kesempurnaan buat kita didalam Al-Qur’an dan Al-Sunnah.

Semoga bermanfaat ya.

#marah #SeorangIstri #Solusi #Islam

Follow me

Adi Janwar

Fish Farmer at DhySha Farm
Assalammu'alaikum Brader

Perkenalkan nama saya Adi, seiring dengan waktu dan pekerjaan,banyak hal yang telah saya lewatkan.
Saya kerja di SMK Pasundan 2 Bandung untuk saat ini. Saya juga bekerja sebagai MC, Anncouncer dan memiliki bisnis kecil-kecilan, Salah satunya saya sebagai peternak ikan koki ( lumayan sudah ngirim ikan ke seluruh Indonesia ).

Saya ingin memajukan ngebray.com ini karena menurut saya ini wadah yang penting buat anak didik saya agar positif yang mereka terima bisa 100%
Follow me