Benarkah Semua Sushi itu Sebenarnya Tidak Halal?

Ngebray.com,- Banyak muslim yang tidak tahu bahwa hampir semua sushi itu sebenarnya tidak halal.

Mau tahu kenapa?

nagano-sushi

Cerita ini diambil dari kisah seorang muslimah :

Hari itu saya berbincang dengan seorang mantan chef (koki) masakan Jepang. Pertemuan kami awalnya bertujuan untuk memperkenalkan jasa desain logo saya. Chef (koki) tersebut dulunya pernah bekerja di Suntory Japanese Cuisine, pernah juga di Tokyo Restauran (yang kini sudah tutup), lalu beliau juga pernah bekerja di Awana Kijal Resort, Restoran Korean New Ang Kok Kwan, dan juga Sakana Ei.

Setelah mengobrol ke sana kemari, akhirnya saya mendapat informasi yang cukup mengejutkan. Ada hal yang beliau bocorkan kepada saya, yaitu tentang sushi (makanan khas Jepang). Menurut beliau hampir semua hidangan sushi yang mempertahankan keaslian cita rasa standar sushi ternyata haram di makan.

Jujur, saya adalah penggemar berat sushi. Maka mendengar itu semua saya langsung terperanjat kaget.

Terlalu banyaknya supplier membuat sulitnya mendapatkan sertifikasi halal dari semua supplier.

Maka, saya berbaik sangka. Namun, sulit rasanya untuk mengabaikan informasi tersebut, kalau sudah chef-nya sendiri, yang memang expert dalam hidangan kuliner Jepang, membocorkan bahwa kebanyakan sushi itu tidak halal.

Apa yang membuat sushi tersebut menjadi tidak halal?

Ini kata chef :

  1. Nasi kepal sushi agak terasa kecut/asam kan? Ternyata penyebabnya adalah ketika nasi sudah masak, akan dibubuhkan sedikit cuka dan juga mirin (4% alkohol)
  2. Belut (unagi) dimasak dengan saus soy ditambah sake (40% alkohol)
  3. Restoran yang menghidangkan masakan asli Jepang, sesudah makan biasanya akan disuguhkan dessert (hidangan pencuci mulut/hidangan penutup) berupa agar-agar dan buah. Agar-agar tersebut dicampur dengan jus jeruk dan whisky

Saya lalu bertanya lagi kepada mantan chef tersebut, apakah benar katanya butuh banyak sekali air yang terbuang dalam membuat sushi?

Beliau menjawab, memang benar. karena beras California memang harus dialiri air semalaman karena beras itu lengket.

Beliau memberitahu lagi, memang tidak ada penggunaan babi tapi mereka banyak memakai arak dalam penyediaan menu makanan. Chef ini pernah mencoba mengganti resep menggunakan bahan yang 100% halal. Tapi katanya, banyak sekali pelanggan yang mengeluh, sebab rasanya tak sama dengan sushi asli.

Alhamdulillah, chef ini sekarang sudah bertaubat dan telah berhenti menjadi chef masakan Jepang. Karena beliau tidak sanggup terus bekerja pada restoran yang membuat menu haram ini.

*Note : Ini bukan fiktif. Cerita ini dikisahkan oleh TAUFIQ RAZIF dan beliau bertanggung jawab penuh atas kebenaran kisah ini. Maka, silahkan diinformasikan kepada sebanyak-banyaknya umat Islam, agar terhindar dari sushi maupun makanan lain yang tidak halal.

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)

5 Comments

  • Novi Permatasari says:

    Asalamualikum wr wb
    Sebaiknya kita sebagai seorang muslim harus memilih milih dalam makanan.pilihlah makanan yang dihalalkan oleh Allah.karena Allah mengaharamkan makanan yang berbahaya bagi tubuh kita.Apalagi sushi banyak menggunakan daging mentah.

  • adinda ragilliani says:

    sushi di sebut haram karna ikan atau daging nya itu masih mentah, kita sebagai umat islam kan dilarang memakan daging mentah apalagi yang masih ada darahnya … mungkin sushi halal jika kita memilihnya dengan benar misalnya dengan daging ayam ataupun daging sapi yg sudah mateng atau pun setengah mateng tidak memilih daging yg haram …

  • Ramadhan Agung P. says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya rama ingin berkomentar seputar pembicaraan tentang sushi yang katanya tidak halal ? Saya pun belum bisa yakin betul akan hal itu karna banyak orang yang menyukai makanan yang berasal dari jepang itu ,namun jika hal itu benar adanya sebaiknya jangan seorang muslim pernah memakanya ,ataupun yg sudah pernah memakanya sebaiknya jauhi lah makanan haram tersebut

  • rahmat krisman fauzi says:

    Rahmat Krisman Fauzi ( XI TKJ-E )
    rahmat72958@gmail.com

    Seharusnya kita sebagai umat muslim lebih memperhatikan makanan yang akan dimakan dan dapat membedakan makanan yang halal atau tidak halal contohnya kita harus mengetahui bahan-bahan apa saja yang dimasukan dalam makanan, dan jangan sampai kita memakan-makanan yang tidak halal seperti yang diatas.