Bahayanya Memasang Behel Gigi ..!!!

bahaya-behel

Ngebray.com,- Zaman semakin canggih dan keinginan semakin banyak. Wanita mahluk yang ingin terlihat cantik, dalam hal apa saja wanita paling banyak asessorisnya.

Banyak yang menganggap jika gigi rapih itu cantik bahkan banyak sekali wanita yang berpendapat kalau pake behel itu terlihat cantik. Padahal menggunakan behel itu tidak enak dan sakit untuk beberapa bulan.

bahaya-behel1

Ada beberapa yang harus diperhatikan bahayanya memasang behel :

1. ALERGI
Behel logam mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Diperkirakan 30 persen pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan telinga tersumbat. Bahkan ada kemungkinnan pasien yang tidak memiliki riwayat alergi dapat menjadi alergi setelah memasang behel. Kabar gembiranya, dampak negatif tembaga, nikel, dan kromium pada umumnya ringan dan mudah diatasi dengan mengubah bahan logam yang digunakan dalam behel.

2. KARANG GIGI
Karang gigi dapat muncul akibat pemakaian behel. Hal ini disebabkan area dibawah dan disekitar kurung logam dan kawat sulit untuk dibersihkan sehingga sisa-sisa makanan yang masih tersisa menyebabkan penumpukan plek. Pengguna kawat gigi logam beresiko tinggi mengalami kerusakan gigi dan gusi. Untuk itu gunakan sikat gigi khusus jika anda memakai behel.

3. PENYAKIT MENULAR S3KSUAL (PMS)
Bahaya penyakit menular s3ksu4l tentu sangat mengerikan bagi seseorang. Apa penyebab PMS dalam pemasangan kawat gigi? Nah, karena kawat logam yang terpasang pada gigi anda berbenturan maka akan timbul luka kecil pada bibir serta bagian dalam pada pipi. Saat anda terlibat aktivitas dengan mulut anda, maka luka yang ada pada mulut anda akan menjadi pintu masuk penyakit seperti HIV dan Hepatitis.

4. MASALAH PENCERNAAN
Bahan kawat behel dikhawatirkan memiliki material berbahaya bagi kesehatan. Bilamana material tersebut bereaksi dengan air liur maka reaksi dari material tersebut akan menimbulkan masalah gangguan pencernaan.

bahaya-behel2

Sumber : viralmuslimah

Gambar : Google

Maaf kalau gambarnya terlalu terbuka

Follow me

info jo

Writer News at Ngebray
Semua Informasi yang ada didunia akan menjadi target saya sebagai penulis berita.
Saya menulis tidak akan berpihak sama salah satu orang atau bisa dibilang rasis.
Informasi yang terjadi di dunia itu terlalu banyak salah satu akan saya ambil menjadi tema.

Salam
Info Berita
Follow me

147 Comments

  • Riska fadillah says:

    Saya setuju dengan artikel diatas dapat memberikan informasi kepada kaum hawa agar tidak memakai behel betapa bahaya nya memakai behel seprti diatas tadi ,lebih baik mensyukuri ciptaan Allah Swt .

  • Utari Novyyanti says:

    Ya saya setuju dengan postingan di atas, dapat memberikan informasi bagi yang menggunakan behel betapa bahayanya menggunakan behel, lebih baik merawat gigi dengan alami tanpa alat atau bahan apapun yang merusak gigi kitaa

  • Saya setuju, ada postingan ini. Memang benar memakai behel itu berbahaya, tetapi memakai behel itu ada 2 Yaitu Behel untuk perawatan dan behel untuk Assesories, Dari behel perawatan Khusus dari Dokter Paling Banyak mengeluarkan uang hingga 5juta, kalau untuk assesories murah mungkin untuk pasang yang atas Cuman 360000 ribu, yang bawah sekitar 250000-, . Pertama Pakai Behel itu emang teras linu dan sakit, sakit itu paling sembuh cuman sekitar 3Hari atau 5Haru mulai sembuh, Dijangkau kalau sudah 1 tahun harus sudah di lepaskan karena kalau belum masih dilepaskan .Bahaya gigi dapat Menyebabkan Berlubang, berkarat, Hitam. Maka dari itu saya 1tahun ini behel yang atas akan dilepaskan, yang bawah akan dilepaskan 1tahun kedepan!. Memang kalau dibehel itu harus banyak modal, kenapa? Karena Banyak uang yang harus dikeluarkan untuk mengganti karet behel ,Kalau Bricket Lepas Bisaa Ditambal dengan yang baru, memasang kawat. Dari mengganti karet bisa mengeluarkan uang sebanyak 50000 atas bawah behel, untuk memakai kawat behel cukup mengeluarkan uang 10000rb untuk kawat yang berwarna, untuk kawat yang bening cukup mengeluarkan uang sebanyak 40000 atas bawah, untuk menambah bricket cukup mengeluarkan uang 20000rb itu semua hanya untuk behel assesories. #terimakasih

  • maulana yusuf says:

    artikelnya bagus, membantu sekali untuk yg belum pakai behel semoga jangan di tempat yang abal abal,cari tempat yang resmi dan dokternya!tempatnya memiliki sertifikat khusus..

    saya juga dulu pengen pakai behel karna pakai behel menurut saya menambah gaya hehe.. tapi sampai skarang belum kesampean,malah jadi gak mau hhh…

  • yulianpcr says:

    Iya saya setuju, ada artikel yang pernah saya baca juga bahwa Islam tidak memperbolehkan penggunaan kawat gigi kecuali untuk pengobatan. Artikel ini sangat berguna, ini akan membuat orang berpikir 2 kali untuk memasang kawat gigi.

  • Awaludin Rifqi Gozali says:

    Ya saya sangat setuju denga artikel ini ,sangat mensarankan agar tidak memakai/memasang behel yang tidak terjamin keamanan nya ,agar tidak terjadi seperti di gambar di atas

  • a’salamuallaikum…
    perkenalkan nama saya Rama Anjaswara Effendi , saya mahasiswa smk pasundan 2… saya sangat setuju dengan adanya postingan ini karna Saat ini dengan berkembangnya jaman banyak bermunculan tukang pasang kawat gigi yang sebenarnya mereka kurang kompeten dalam bidang tersebut dan hal ini bukan menjadi berita bagus karena hal ini justru dapat membahayakan kesehatan bagi para orang yg memakai behel, meskipun dari harga menjadi relative terjangkau Oleh karena itu bagi yang memakai behel perlu waspada jika ingin memutuskan sesuatu hal dan andapun harus mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari apa yang akan anda lakukan.
    wasalamuallaikum wr.wb…

  • saya setuju..behel yang berbahan logam,nikel,dan kromium itu cukup berbahaya .
    apalagi penggunanya bisa ngelami beberapa gejala bila menggunakan behel tersebut..
    apalagi saat ini banyaknya para penjual yang menjual behel murahhan yang tidak terjamin dan memiliki berbagai bentuk behel yang menarik..Jadi kalau bisa kita lebih berhati-hati dalam membeli behel atau menggunakannya.Menurut saya menggunakan behel boleh tapi hanya untuk keperluan seperti merapihkan gigi tapi diusahakan terjamin dan memang sudah ada anjuran dari dokter tersebut.Kalau untuk bergaya saja saya rasa tidak perlu lah.karna kalau sudah mendapat efek negatifnya nanti malah menyulitkan diri sendiri

    #terimakasih

    • Siska Fazarani says:

      ya saya juga setuju, memang sekarang ini banyak sekali behel murahan hanya untuk bergaya, jika untuk bergaya sebaiknya tidak usah karena nanti jika kena penyakit2 yang kita tidak inginkan, repot juga, betulkan?

  • Ya saya setuju dengan artikel ini .jujur saja saya tidak suka dengan behel .Dan ternyata memasang behel juga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti:
    1.alergi
    2.karang gigi
    3.penyakit menular seksual(pms)
    Dan juga behel mengandung bahan bahan logam seperti tembaga,nikel,kromium yang akan menyebabkan rasa sakit.

  • Ya saya setutu dengan pernyataan di atas , yang menunjukan bahwa menggunakan behel itu sangat berbahaya

    • asalamuallaikum wr.wb..
      perkenalkan nama saya rama anjaswara efendi , saya mahasiswa smk pasundan 2,, saya ingin bertanya??
      apa yang anda ketahui tentang kekurangan dan kelebihan nya memakai behel?

      makasihh atas waktunya.,, wasalamuallaikum wr.wb

  • Rustandy says:

    saya setuju dengan ada postingan ini karena biar pengguna bisa mencopot behelnya, karena pemasangan behel bisa membuat alergi pada mulut dan penyakit lainnya.

  • gebriel says:

    sebaiknya saya tampil apa adanya kalau gigi rusak harus memakai behel

  • Nur Atika Aziza says:

    assalamualaikum wr.wb
    saya setuju dengan artikel ini, karena menurut saya tampil cantik tidak perlu memakai behel karena bisa merusak gigi dan gusi, bisa juga menimbulkan alergi pada gigi apalagi menggunakan behel dengan harga yang murah.
    walaikumsalam.wr.wb

  • mochamadnurandikasaleh says:

    saya setuju karena behel itu berbahaya menyebabkan kerusakan pada gigi tersebut ,pada yang memakainya hanya kepentingan fashion

  • noviehidayanti says:

    Assalamualaikum
    Saya setuju ,kita lebih baik tampil apa adanya dibanding harus memakai behel ,bila kita memakai behel akan merusak gigi kita kalau behel itu tidak cocok dikita .

  • Nina nur jalasari says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya akan berkomentar tentang artikel di atas. saya sebagai pelajar sangat setuju dengan postingan di atas karena pemasangan behel sangat berbahaya . anak remaja sekarang sudah banyak memakai behel karna mengikuti tren zaman sekarang tanpa memikirkan dampak negatifnya yang akan merusak gigi tapi di sisi lain ada dampak positifnya yang akan merapikan gigi.

  • Nina nur jalasari says:

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya akan berkomentar tentang artikel di atas. saya sebagai pelajar sangat setuju dengan postingan di atas karena pemasangan behel sangat berbahaya . anak remaja sekarang sudah banyak memakai behel karna mengikuti tren zaman sekarang tanpa memikirkan dampak negatifnya yang akan merusak gigi tapi di sisi lain ada dampak positifnya yang akan merapikan gigi.

  • nisa mauliddina says:

    assalamualaikum wr.wb
    saya akan mengomentari tentang artikel diatas.
    saya selaku pelajar menghawatirkan terjadinya dampak negatif bagi gigi saya, karena saya selaku pemakai behel sangat khawatir dengan kejadian ini karena pemakaian behel itu belum tentu baik untuk kita yang pemakainya, tetapi disisi lain pemakaian behel itu untuk merapihkan gigi, tetapi itu juga harus di dokter yang sudah mengenal atau mempelajari tentang gigi, tidak boleh sembarangan untuk memasang kawat gigi, karena kalo kita memasang di bukan ahlinya itu akan merusak kepada gigi, karena gigi itu sangat sensitif dan saya setuju bahwa pemakaian behel pada gigi membahayakan penggunanya karena dapat timbulnya karang gigi dan banyaknya kuman pada gigi yang ngga terbersihkan.

  • yahyanurazis says:

    saya setuju karna memakai behel itu belum tentu gigi akan rapih,ternyata membuat gigi menjadi rusak

  • adilfiyanuar says:

    Saya setuju dengan postingan diatas, karena memakai behel belum tentu baik untuk kesehatan gigi karena behel mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Ada 3 dampak negatif menggunakan behel yaitu :
    1) Alergi
    2) Karang Gigi
    3) Masalah Pencernaan
    Kalo aku sih yes dengan postingan ini

  • Muhammad Aulia Alhusaini says:

    Saya setuju karena behel bajakan akan membuat gusi sariawan dan gigipun tidak begitu bersih ketika menggosoknya dan banyak kotoran yang nyangkut di behel tersebut

  • ugi kuswendi says:

    Saya setuju dengan adanya postingan ini karena bagi yang menggunakan behel bisa cepat cepat di buka karena bisa menyebabkan alergi dsb.

  • ani nuraeni says:

    behel membuat sulit untuk makan dan menyikat gigi,dan behel juga akan membuat sariawan

  • adialdian says:

    saya setuju karna anak jaman sekarang mah sok pada araraneh wae meli behel ditukang jepit ath pedah cenah harga na lewih murah dateboga duit tea,cek abi mah ulah maksaken ath.kumpulken hela ath duitna ulah meli behel anu 4000an

  • saya setuju dengan postingan diatas, walaupun menggunakan behel membuat gigi lebih berwarna, tapi dibalik itu semua ada penyakit atau dampak yang sangat buruk bagi si pengguna tersebut, lebih baik kita mensyukuri pemberian dari allah swt kepada kita semua

  • Lusi Restia Anggraeni says:

    saya setuju dengan artikel ini, menurut saya memasang behel memang berbahaya untuk kesehatan gigi karena dalam kawat behel bisa saja terkandung bahan bahan kimia yg berbahaya yang bisa merusak gigi, selain itu pada jaman sekarang banyak sekali anak anak muda yang memasang behal hanya untuk gaya saja bukan untuk pengobatan padahal sebenernya behel itu diperuntukan untuk pengobatan merapikan gigi, dan setahu saya memasang behel dalam islam itu diharamkan karena dengan memasang behel itu artinya kita merubah pemberian dari Allah SWT…

  • yulianti says:

    saya setuju dengan post diatas karena behel logam mengandung logam,tembaga,nikel,dan kromium yang belum tentu terjamin bersih.

  • Dinda Annisa Lestari says:

    saya setuju dengan artikel ini karena menggunakan behel memang berbahaya dan dapat merusak saraf karena behel bisa menarik saraf yang ada di dalam gusi. jika kalian ingin memakai behel kalian harus langsung datang ke spesialis dokter gigi bukan ke ahli gigi yang abal-abal hahaha:)

  • Ardiansyah says:

    saya setuju dengan postingan diatas menurut saya lebih baik mensyukuri apa yang telah diberikan oleh-Nya. Tapi apabila itu berhubungan dengan kesehatan boleh saja asal betul dengan niat kesehatan tanpa adanya niat untuk memamerkan(RIA) kepada khalayak banyak. lebih baik gunakan uang untuk beramal daripada berbehel 100-700 ribuan dipinggir jalan.

  • Ardiansyah says:

    Saya setuju dengan postingan diatas. menurut saya syukuri saya apa yang telah tuhan berikan. Boleh sih boleh mempercantik diri. asal tidak merusak pemberian tuhan tersebut. Apa bila untuk gaya doang saran saya mendingan jangan. Soalnya niat nya juga udah jelek hanya untuk gaya, tapi kalo buat kesehatan bisa dimaklumi dengan catatan tidak merusak ciptaan-NYA tersebut. terimakasih

  •   says:

    informasi diatas sangat berguna sekali.Saya setuju dengan postingan diatas karena behel logam mengandung tembaga,nikel,dan kromiun yang dapat menyebabkan alergi pada gigi

  • saya setuju.. karna dengan menggunakan behel gigi kita bkn semakin rapih tetapi semakin rusak.. apalagi kalau memasang behelnya di pinggir – pinggir jalan akan lebih bahaya dan kawat behelnya pun belum tentu steriel.. kecuali kalau kita konsultasi dulu dengan dokter dan jika ingin di behel sebaiknya di dokter ahli gigi karna sudah terjamin dengan adanya sertifikat dokter

  • irma yunita says:

    bahaya,karna apabila memakai behel yang di pinggir jalan akan merusak gigi bukan hanya gigi mulut juga bisa rusak karna mengandung obat obatan atau cairan yg tidak tahu di beli/di peroleh dimana. lebih aman mengunakan behel dari dokter yang ahli selain aman bersih dan apabila ada apa-apa dapat terjamin karna ada sertifikat.

  • Muhamad Royyan M says:

    saya setuju karena behel mesrusak gigi dan apabila anda ingin berbehel andan harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu

  • ajeng dewi sopiyani says:

    Setujugasetuju karena jika niatannya ingin merapikan maka efek sampingnya gabakalan seperti itu,jika selalu menjaga kesehatan giginya seperti sering gosokgigi dgn sikatgigi khusus,ganti kawat karet sesuai yg dianjurkan,dan selalu mengontrol gigi

  • Indra Mardianto says:

    Saya setuju karena behel bisa mengakibatkan kerusakan pada gigi belum juga apabila anda memasang behel abal abal maka gigi akan sangat rusak dan ada juga kawat behel itu karatan maka akan sangat berbahaya akan mengakibatkan alergi seperti:karang gigi,sariawan,bibir pecah pecah DLL

  • riki mahenra says:

    saya setuju , karena bisa menimubulkan sakit gigi dan memasang behel ribet dan harus mengeluarkan banyak uang untuk merawatnya ,

  • Irfan says:

    saya setuju dengan postiungan di atas, karena itu membuat para pengguan agar lebih memilih produk asli tanpa di tambah-tambahkan lah yang gak perlu, juga semua bagian tubuh kita itu di ciptakan oleh allah SWT dan kita harus mensyukuri itu.

  • Desty laila ruslan says:

    saya setuju dengan postingan di atas karena memang baner behel itu membahayakan penggunanya apalagi behel yg harganya murah dan memasang behel di larang di islam kecuali untuk pengobatan.
    jadi untuk para penguna behel di wajibkan membaca postingan ini untuk mengetahui bahaya menggunakan behel.

  • Rahmat Handi Budiarto says:

    saya saetuju karena memasang kawat gigi yg hanya di berlakukan untuk kencantikan saja dan tidak untuk kesehatan bisa menimbulkan lebih banyak penyakit seperti karang gigi.dan lainnya

  • Rahmat Handi B says:

    saya setuju sebab kawat gigi bisa tambah merusak gigi seperti munculnya karang gigi. dan penyakit lain

  • Deypa Johandi says:

    saya sangat setuju karena behel yang digunakan orang-orang jaman sekarang dipakai
    untuk memprecantik diri padahal ada hadist nya
    Haditsnya Berbunyi :

    لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ

    “Allah telah mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah.”

    (HR. Muslim)
    padahal sudah jelas allah telah mengutuk “dan orang oran yg mereggangkan gigi demi kecantikan”

  • erickpratamaputra says:

    saya sangat setuju karena behel yang digunakan anak jaman sekarang adalah behel abal abal alias murah bukan behel untuk perawatan yang dianjurkan oleh dokter

  • Syalkha Raihan Ramadhan says:

    menurut saya bahya atau tidak nya tergantung behel apa yg dipakai , jika behel yg dari dokter tentu tidak berbahaya karena sudah anjuran dari dokter dan digunakan untuk perawatan gigi bukan untuk gaya gaya an …. yg bahaya yaitu behel yang belinya dari tukan jepit yg harganya 2000 an yg digunakan hanya untuk gaya gaya an

  • Ganang Catur Pamuda says:

    saya setuju karena menggunakan behel akan merusak gigi dan menjadi gigi banyak kuman

  • Muhamad Rifqi Ramdan says:

    saya setuju karena menggunakan behel itu sangat berbahaya karena kuman kuman akan menggerogoti gigi kita yang nantinya akan menyebabkan karang gigi,masalah pencernaan.jadi lebih baik ga usah pake behel biar gigi kita selalu sehat

  • Fajar Failsal Aditya says:

    ya saya setuju belum tentu memakai behel itu sehat karena behel mengandung logam , nikel tembaga dan tidak menyukuri apa yang di beri oleh allah swt.

  • Fajar Failsal Aditya says:

    ya memakai behel itu bahaya karena behel itu mengandung logam,tembaga,nikel dan tidak menyukuri apa yang di beri oleh allah swt.

  • Fajar Failsal Aditya says:

    ya memakai behel itu bahaya karena behel itu mengandung logam,tembaga,nikel dan tidak menyukuri apa yang di beri oleh allah swt.

  • Saya setuju, karna postingan tersebut menggunakan behel belum tntu bisa merapihkan gigi terkadang kualitas behel tidak semua nya baik. banyak orang menggunakan behel hanya unutuk gaya. terkadang orang tidak memikirkan dampak buruk dari mengunakan behel.

  • Saya sangat setuju karena pada jaman sekarang orang menggunakan behel hanya untuk menjadikan gaya semata, bukan untuk perawatan gigi. dan behel ecek-ecek juga membuat gusi bengkak, karena behel lepas pasang bisa menggores gusi yang strukturnya mudah tergores

  • Muhamad Fachrurija says:

    Saya sangat setuju dengan post di atas, karena jaman sekarang banyak remaja yang menggunakan behel hanya untuk bergaya dan jadi nya mereka pun malah terkena penyakit seperti :
    1. alergi
    2. Karang gigi
    3. Gangguan pencernaan
    Karena behel yang mereka pakai bukan lah dari dokter gigi dan apabila mereka langsung dari dokter gigi maka mereka akan diberitahu cara merawat gigi mereka dengan baik agar tidak terjadi hal seperti di atas.

  • Andi Pauzi says:

    saya setuju dengan postingan ini karena menurut saya memakai behel bermanfaat kalau bertujuan ntuk membenarkan gigi yang bermasalah, tetapi jika giginya sudah rapi tidak perlu memakai behel karna kalau tidak dengan saran dokter hanya menimbulkan penyakit saja seperti :
    1. alergi
    2. masalah pencernaan
    3. karang gigi

  • Andi Pauzi says:

    saya setuju dengan postingan ini karena menurut saya memakai behel bermanfaat kalau bertujuan ntuk membenarkan gigi yang bermasalah, tetapi jika giginya sudah rapi tidak perlu memakai behel karna kalau tidak dengan saran dokter hanya menimbulkan penyakit saja seperti :
    1. alergi
    2. masalah pencernaan
    3. karang gigi

  • Silvia vitriani says:

    setuju .karna menggunakan behel itu dapat menyebabkan efek efek tertentu yg dapat merusak gigi

  • sendi herliawan says:

    Bagi saya tidak boleh karena kalau bukan ahli gigi yg di sisi jalan alat alat di ahli gigi itu tidak steril.kalau giginya rapih terus cuman pingin gaya mending jangan nanti bahagia kena giginya.
    Bagi yang pingin Rapihin giginya yang rusak dan Ga pede sebaiknya periksa k dokter Gigi dan minta alamat RS khusus gigi.
    Harga yang asli beleh itu minimal 3jt / 5jt

  • Harry akbar says:

    saya setuju.karna behel itu dapat merusak gigi kita terus yg menggunakan behel itu ribet karna harus bulak balik mengeluarkan uang untuk mengganti karet dan merawatnya.

  • Saya sangat setuju karena menggunakan behel gigi dapat menyebabkan
    1. Karang Gigi
    2.Alergi
    3.Permasalahan pada pencernaan
    Dan tidak setuju nya adalah kalau orang yang mau menggunakan behel akan merasa terancam dengan adanya artikel tentang bahaya menggunakan behel

  • Bagenda Aji says:

    Pemakaian behel memang membuat kita terlihat lebih menarik dan juga kelebihan lainnya, tetapi selain kita melihat dari sisi positifnya kita lihat dari sisi negatifnya, bahwa penggunaan behel dapat menimbulkan kuman karena gigi agak susah untuk dibersihkan, dan akan terdapat juga karang gigi dan mungkin penyakit penyakit berbahaya lainnya, jadi menurut saya, saya setuju dengan berita di atas

  • saya setuju karena menggunakan behel cukup berbahaya bagi tubuh terutama di bagian mulut

  • Assalamualaikum WR.WB
    Saya setuju, Karena baik dalam bidang medis maupun dalam agama itu dilarang dan berbahaya
    Bahkan hingga ada Haditsnya,Haditsnya Berbunyi :

    لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ

    “Allah telah mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah.”

    (HR. Muslim)
    Sayapun lebih suka orang yang apa adanya/mensyukuri pemberian Allah SWT
    Jadi semuanya tergantung pada diri kita sendiri
    dan saya prihatin kepada orang yang teraniaya
    karena mereka yang mengcoment “Setuju Dengan Post Diatas” Akan tetapi masih tetap menggunakan Behel/Kawat Gigi, Mungkin mereka Harus Di RUQYAH

    Sekian Dan Terimakasih
    Wasalamualaikum WR.WB

  • Bayu satriya nugraha says:

    Saya setuju bahwa pemakaian behel pada gigi membahayakan penggunanya karena dapat timbulnya karang gigi dan benyaknya kuman pada gigi

  • iwan fauzi says:

    setuju.karena merawat behel membutuhkan perawatan yang mahal,dan kalau memasang behel yang asal-asalan akan membuat gigi rusak.menurut saya cantik itu tidak hanya di gigi tapi di hati yang tulus menerima apa yang di berikan oleh ALLAH SWT.

  • saya setuju dengan adanya postingan ini behel itu memang berbahaya,tetapi kalau niatnya memakai behel itu untuk perawatan dari dokter supaya rapih apasalahnya memakai behel.tapi harus di rawat dengan baik dan rutin memeriksa ke dokter, tapi kalau hanya sekedar gayagayaan saja lebih baik jangan memakai behel karena ada behel yang berbahaya dan dampaknya merusak gigi dan membuat gusi berdarah

    #terimakasih

  • saya setuju karena memakai behel itu haram hukumnya menurut islam .ada pula gejala yang membahayakan:
    1.alergi
    2.karang gigi
    3.penyakit menular seksual(PMS)
    4.masalah pencernaan

    #makasih

  • Linda novia aryanti says:

    Saya setuju dengan postingan efek samping bahaya menggunakan behel diatas karena memakai behel dalam Islam dibolehkan jika tujuannya untuk proses perbaikan atau pengobatan. Adapun jika tujuannya untuk merubah bentuk ciptaan Allah atau ingin terlihat menarik sehingga memicu diri untuk tampil sombong maka hal tersebut tidak dibolehkan. Saat ini kecenderungan orang memakai behel lebih banyak kepada tujuan fashion semata, mengikuti trend pergaulan yang berkembang. Sementara jika dikaji lebih dalam, penggunaan dari gigi kawat tersebut sebenarnya sangat rentan dengan resiko.

  • saya setuju karena banyak yang berpendapat bahwa memakai behel itu cantik.ada pula beberapa hal yang harus di perhatikan bahayanya memasang behel:
    1.alergi:karena mengandung logam
    2.karang gigi:karena area bawah dan disekitar kurung logam susah dibersihkan
    3.penyakit menular seksual(PMS):karena kawat logam yang terpasang pada gigi akan berbenturan maka akan timbul luka kecil
    4.masalah pencernaan:karena dikhawatirkan memiliki material berbahaya bagi kesehatan

    #terimakasih

  • Muhammad Fauzi Ramdhani says:

    Setuju, karena merawat behel lumayan sulit. Kebanyakan orang-orang memakai behel hanya ingin gaya atau terlihat cantik saja. Dan menghiraukan dampak negatifnya

  • ya saya tidak setuju dengan pemakaian behel gigi karena dapat berbahaya bagi kesehatan,dan juga dapat menularkan penyakit,”tapi saran saya untuk orang yang memakai behel harus bisa merawat dengan baik dan benar,sehingga memakai behel pun jadi aman dan nyaman”

  • Dhiya Nurjihan Azzahro says:

    Menurut saya cantik itu gaperlu pake behel kan? Dan untuk wanita yang pengen dibehel coba deh pikirin dulu deh efek sampingnyaa, jangan sampe jadi korban karna efeknya sangat berresiko pada kesehatan, karna saya yg giginya garapih pun gapernah berniatan untuk menggunakan behel karna tau efeknya pada kesehatan sayang. Boleh sih dibehel tapi coba deh jangan buat gaya gaya aja behelnya yah buat yg giginya ingin rapi tapi itu pun harus dalam pengawasan dokter gigi agar efek negatif menggunakan behel tidak terjadi pada diri kita.

    • gisalsa oktavianty says:

      Saya setuju akan postingan itu,Awalnya saya tidak peduli akan dampak negatif menggunakan kwat gigi,hanya saja sekarang saya tau dan mengalaminya sendiri ,mulut saya sering kali sariawan tapi itu ntah dati dampak menggunakan kawat gigi atau bukan.tapi alhamdulillah jika kita bersih atau rapi dalam penggunaan tidak akan terjadi apa apa.

  • nikendwis says:

    saya setuju, kenapa?karena banyak orang yang ingin memakai behel hanya ingin bergaya saja dan ingin mempercantik diri. Akan tetapi ada dampak negatifnya dalam memasang behel sembarangan, seperti di pinggir jalan yang harganya murah dan tidak memiliki sertifikat dokter, dan bahaya memakai behel sembarangan akan beresiko apalagi yang tidak memiliki keahlian.

  • Salsadila says:

    saya setuju dengan pemberitahuan diatas memang behel bagus untuk merapikan gigi tapi behel yang berkualitas ,jika memakai behel yang dipasang dipinggir jalan itu bisa membuat gigi rusak .

  • Rizki says:

    Saya pernah melihat di pasar ada yang jual kawat gigi harganya 15rb, itu bahan dari apa ya bisa murah begitu

  • Mul Yana says:

    saya sangatlah setuju dengan apa yang dibahas diatas,karena untuk menjaga gigi yang baik itu sangatlah sulit dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.maka janganlah merusak gigimu hanya untuk dipandang cantik ataupun menarik,karena hal itu adalah hal sementara yang akan hilang begitu saja.wanita cantik itu adalah wanita yang memiliki hati dan perilaku yang baik dan memiliki sifat tidak memamerkan perhiasan yang dimilikinya.lebih baik mencegah dari pada harus mengobati.maka jagalah gigimu dan apapun yang dititipkan Allah SWT kepadamu.Terimakasih

  • menurut pendapat saya setuju,tidak setuju dengan postingan diatas.Mengapa?karena memang banyak orang orang yang pada saat ini memakai behel agar lebih terlihat gaya dan mengikuti zaman saja.Dan jika apabila kita memasangnya dipinggir jalan atau pada orang orang yang tidak ahli dalam perawatan gigi dan tidak memiliki sertifikat maka mungkin hal hal tersebut akan kita alami,tetapi tidak semua pula orang orang yang memakai behel mengalami hal seperti itu.Balik lagi tergantung pada penggunannya dan jika apabila ingin lebih aman dan terjamin mungkin kita akan lebih baik memasangnya pada dokter gigi yang mempunyai pengetahuan dan lebih mengerti dalam hal gigi dan juga mempunyai sertifikat pula,mungkin hal itu akan lebih mengurangi dampak terjadinya pemakai behel yang abal abal.

  • Lingga Rizki Fauzi says:

    saya setuju behel itu tidak berbahaya ,tetapi apabila kita niat nya merapihkan gigi apabila hanya untuk gaya gayaan itu dapat merusak gigi.
    jagalah gigimu dengan sebaik mungkin agar tetap rapih da sehat

  • saya setuju dengan postingan di atas, karena menggunakan behel sangat berbahaya. memang kalau kita memakai behel gigi kita akan terlihat rapih tapi kalau tidak bisa merawatnya mengakibatkan gigi kita rusak.
    menurut saya post nya sangat bermanfaat.

  • Ardian Oktavian says:

    Saya setuju karena behel tidak hanya mengakibatkan gigi menjadi rusak, tetapi biaya pemasangannya yang cukup mahal dan perawatannya yang harus teratur

    Menurut saya lebih baik mencegah daripada mengobati

  • Ari Aditya Hermawan says:

    Menurut saya , tidak semuanya yang memakai behel akan mengalami seperti itu karena itu semua tergantung mereka yang menggunakan masing-masing , apabila mereka rajin membersihkan giginya dan merawatnya ke dokter maka tidak akan menimbulkan efek-efek tertentu itu dan tergantung tempat memasang behel , dan juga apabila memasangnya di dokter spesialis gigi yang asli maka insyaallah semuanya akan baik-baik saja. Tapi mungkin memang untuk jaman sekarang banyak yang menggunakan behel hanya untuk mengikuti tren tapi ya biarkan saja mereka yang merasakan sendiri karena itu resiko jika memasang behel bukan di dokter spesialisnya langsung yang penting kita sebagai kerabatnya sudah mengingatkan

  • Menurut saya,bahaya pemakaian beher ini tergantung pada kesadaran pengguna behel tersebut,jika mereka menyayangi gigi mereka,maka mereka akan menghindari pemakaian behel,terlebih jika behel tersebut digunakan hanya untuk menambah kecantikan saja,dan jika mereka ingin merapihkan giginya harus menggunakan behel yang sesuai dengan resep dokter.

  • Saya setuju dengan pernyataan diatas. memang sih orang yang menggunakan behel itu tampil menarik, tapi banyak juga efek samping dari behel, jadi dari gue, elo jangan pake behel yang di pinggir jalan atau yang abal abal karena itu kualitas nya jelek;v kalo mau pasang behel di dokter gigi jangan di pinggir jalan:v “jauhi behel sebelum gue mendekati mu”
    Kumaha saha??

  • Boy Tira Alandika says:

    saya setuju. Karena behel berbahan dasar yang dapat menginfeksi gigi maupun gusi bagi penggunanya bila tidak memakai resep dokter.

  • Saya Setuju dengan pernyataan di atas, Memang sih memakai behel itu membuat pengguna nya tampil menarik.. tapi banyak juga efek samping nya:v gue saranin elu jangan make behel di panggir jalan atau abal abal itu semua tidak baik broo and sist :v “jauhi lah behel sebelum aku mendekati mu”:v
    Kumaha saha??

  • Heri Mahbubi says:

    setuju karena dampak behel sangat berbahaya bagi kesehatan gigi seseorang terkecuali ada saran dokter

  • Agna Zukniar says:

    Ya saya sangat setuju dengan postingan diatas,karena dengan memasang kawat gigi atau sering disebut dengan Behel akan sangat merusak gigi,banyak keluhan yg dialami pengguna behel apalagi memasang nya yg berada di jalanan salah satu nya adalah keluhan jika gigi akan lebih panjang,panas dalam karena terkena kawat gigi (Briket) yg tajam akan membuat panas dalam.

  • saya setuju karena kita sudah menggunakan behel lalu tidak menjaga kesehatan gigi dan behel itu sendiri maka kuman kuman akan lebih muda untuk menghancurkan gigi kita, makanya sebaiknya gigi kita jangan di pagar lebih baik rumah yang kita pagar supaya terhindar dari kemalingan.

  • Ramdhan Fathurochman Alqodri says:

    informasinya sangat berguna bagi kita semua , bagi yang memakai behel saya ingatkan supaya behelnya dicopot, jika tidak kita juga yang rugi , behel logam akan menimbulkan rasa sakit pada gigi dan menimbulkan alergi, pms dan lain – lain .

    apalagi memakai behenya dipinggir jalan dan tidak sertifikat sangat berbahaya

  • Diky Nugraha says:

    ya saya setuju menggunakan behel berbahaya behel mengandung logam seperti tembaga,nikel dan kronium yang dapat menimbulkan rasa sakit pada gigi dan telinga tersumbat.

  • Nur anvina says:

    Saya tidak setuju?knpa?karna tidak semua memakai behel itu berbahaya.tidk berbhya jika klau behel itu behel perawatan yg dikasih sertifikat dari dokter tersebut yg dirawat dengan baik melalui sikatgigi,ganti karet,kawat dan briket.

  • Saya setuju, tidak setuju karena memang behel gaya yg berharga ratusan ribu dapat berbahaya bagi kesehatan kita tapi juga jika dipasang ditempat ygbersih dan dokternya memiliki sertifikat dokter gigi memungkinkan tidak berbahaya. Saya menjawab dengan setuju dan tidak setuju karena saya juga memakai behel

  • ya saya sangat setuju postingan di atsa karena kebanyakan orang menggunakan behel hnya untuk bergaya saja padahal jika terkena gusi mengakibatkan gusi kita berdarah…

  • saya sangat setuju karna jika menggunakan behel yang terbilang murahh dan dipakai hanya untuk mempercantik dan bergaya saja,padahal jika terkena gusi itu akan mengakibatkan gusi jadi berdarah dan menyebabkan kerusakan pada gigi..

  • aji bill nazari says:

    saya setuju dengan postingan di atas, karna menurut saya, orang yang memakai behel itu adalah orang yang tidak mensyukuri apa yang telah di berikan oleh alloh s.w.t.
    dan juga behel pun benar benar berbahaya bagi kesehatan gigi kita.
    jadi sebaiknya kita menikmati dan mengsyukuri apa yang telah di berikan alloh s.w.t karna apa yang telah di berikan oleh alloh s.w.t itu adalah sebuah anugrah tuhan yang maha esa.

  • ya saya setuju dengan postingan yang di atas kebanyakan orang menggunakan behel itu hanya untuk gaya gaya an saja ..
    jika terkena gusi maka mengakibat kan gusi kita berdarah …

  • saya sangat setuju karna menggunakan behel yg terbilang murah dan dipakai hanya untuk bergaya saja padahal jika terkena gusi akan menyebabkan gigi jadi berdarah dan mengakibatkan kerusakan…

  • Siti Rohmah says:

    ya saya setuju. karena dengan menggunakan behel kita bisa dirugi kan. kita menggunakan behel harus bisa merawat nya dengan baik dan harus sering mengecek nya ke dokter. sering orang yang menggunakan behel hanya ingin terlihat cantik dan bagus, dan ada juga yang ingin merapihkan gigi nya. padahal dengan menggunakan behel sama saja kita tidak mensyukuri yang telah allah beri kepada kita.

  • Gina widaningsih says:

    saya setuju dengan postingan yang d berikan di atas. karna saat ini sudah banyak yang banyak menggunakan behel yang berujuan untuk merapihkan gigi tetapi menggunakan behel yang bisa d bilang murah (abal-abal) dan di pergunakan untuk fashion saja. mereka pengguna behel tidak memikirkan bahaya behell terlebih dahulu . sehingga menyebabkan alergi yang dapat d timbulkan behel ,karna alergi ini d sebabkan oleh logam ,nuklir dll ,dapat merusak kesehatan pada gigi dan penyakit menular seksual.. saran untuk para pengguna behel sebaiknya agar selalu menjaga giginya agar tetap bersi, menggosok gigi dengan teratur dan lebih baik menggunakan pasta gigi khusus. -terimakasih 😀

  • Ayu Lestari says:

    saya settuju dengan postingan di atas menggunakan behel itu belum tentu bisa merapikan gigi dan sebagainya tidak semua behel memiliki kualitas yang bagus karena banyak orang yang menggunakan behel mengalami kelainan seperti alergi dan karang gigi

  • Gina widaningsih says:

    saya sangat setuju dengan postingan di atas. karena, penggunaan behel pada saat ini sudah banyak sekali d pergunakan oleh orang orang. dan semua para pengguna behel tentunya tidak memerhatikan akibat yang dapat d sebabkan oleh bahaya behel terlebih dahulu. bahaya yang akan terjadi seperti : alergi yg dapat di timbulkan behel .karena, alergi ini di sebabkan oleh logam ,nukir, dll. logam itu akan merusak kesehatan gigi dan juga penyakit menular s3ksual, saran untuk para pengguna behel : agar selalu menjaga giginya agar tetap bersih, seperti menggosok gigi secara teratur dan lebih baik menggunakan sikat gigi khusus,

  • Dian Ardiana says:

    saya setuju dengan postingan di atas karena saat ini banyak pengguna behel yang di gunakan hanya untuk memperindah diri, seharusnya behel di gunakan untuk membenarkan gigi yang tidak rapih, karena banyaknya kawat gigi (behel) yang palsu dan lebih murah sehingga lebih banyak peminatnya tanpa memikirkan apa dampaknya bila kita menggunakan kawat gigi (behel) palsu

  • Saya setuju dengan post di atas karena behel itu memang berbahaya,apalagi hanya di gunakan untuk bergaya dan ingin tampil cantik.

  • Ihsan DC says:

    Saya setuju jika penggunaan behel memang berbahaya pada saat ini. hal itu dikarenakan zaman sekarang behel sudah bukan lagi digunakan untuk merapihkan gigi tetapi sebagai gaya-gaya semata. sehingga orang-orang akan memasang behel sebagai gaya saja meskipun giginya sudah rapih dan tanpa anjuran dokter.saat ini juga banyak tempat yang menawarkan pemasangan behel dengan harga yang murah tetapi kadang tempat tersebut tidak memperhatikan kebersihan saat pemasangannya dan menggunakan kawat behel dengan bahan yang mungkin berbahaya bagi kesehatan. sebaiknya bagi orang-orang yang ingin memasang behel hanya untuk gaya semata ,memikirkan terlebih dahulu bahaya yang akan timbul setelah memasang behel.

  • Raka says:

    Saya Setuju dengan Postingan ini .. Karena Bagaimanapun juga Behel Itu Berbahaya Bagi GIGI kita Karena Behel logam mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Diperkirakan 30 persen pasien ortodontik memiliki alergi terhadap logam yang dapat menimbulkan rasa sakit dan telinga tersumbat.

  • Marliani says:

    Saya setuju dengan postingan berita diatas.
    Memang sebenarnya pemakaian behel adalah cara yang simple untuk pemeliharaan gigi agar gigi rapih, tapi pemakaian behel yang telah direkomendasikan oleh dokter dan ahli nya. Para remaja sekarang banyak yang menggunakan behel hanya untuk gaya dan terlihat cantik bagi perempuan, Apalagi pemasangan behel yang dipinggir jalan belum tentu aman, mereka tidak berfikir 2 kali bahwa itu dapat merugikan diri sendiri.
    Boleh memakai behel asalkan benar” dari dokter, Jangan mudah terpengaruh oleh orang lain, Karna terlihat cantik itu bukan karna behel tapi dari diri kita sendiri.

  • Siti mariah says:

    Saya setuju dengan postingan tersebut, karena behel sangat membahayakan gigi kita apabila behel tersebut tidak dalam pemeriksaan dokter. Behel yang ada di jalanan yang diecerkan dengan harga yang murah itu adalah contoh behel yang akan merusak gigi, memang jaman sekarang banyak para perempuan bahkan ada juga laki laki yang memakai behel, mereka yang memakai behel tidak memikirkan bagaimana bahayanya behel seperti apa mereka menggunakan behel itu hanya untuk bergaya saja, padahal behel itu untuk merapihkan gigi yang kurang rapih seperti yang gingsul.

  • Saya sangat setuju dengan berita diatas, karena pemasangan behel menurut saya zaman sekarang sudah disalah gunakan, zaman sekarang behel dijadikan ajang untuk gaya, mereka tidak menyadari bahaya dari behel tersebut. Menurut saya Agar terhindar dari 4 bahaya memakai behel (kawat gigi) tersebut, maka percayakan pemasangan behel pada dokter gigi berpengalaman yang kompeten dibidangnya. Jika ingin mendapatkan biaya pemasangan behel murah maka manfaatkan asuransi BPJS dan jangan percaya iming iming orang luar yang mempromosikan murah tanpa ada bukti yang pasti.
    Semoga bermanfaat…
    Terima kasih…

  • Rafli Riyadi says:

    Sayah setuju.
    karena kawat gigi (behel) banyak di palsukan oleh oranag-orang yang tidak bertanggung jawab.
    contohnya adalah behel banyak di per jual-beli kan di pinggir-pinggir jalan dan di pasar dengan harga yang relatif lebih murah dari pada harga behel yang di beli dari doctor gigi (behel yang ber sertifikat).
    behel yang di beli dari pinggir jalan ataupun di pasar itu banyak mengandung baktri yang dapat merusak gigi.

  • Ryan Daffa Nurfauzan says:

    Saya sangatlah setuju dengan postingan diatas, karena memang pemakaian behel dapat merusak kesehatan gigi serta tubuh kita, selain iu juga dapat menularkan HIV. saran saya untuk para pengguna behel yaitu agar selalu menjaga gigi anda agar tetap bersih, misalnya seperti menggosok gigi secara teratur menggunakan sikat gigi khusus, agar tidak ada terjadinya karang gigi ,penularan penyakit s3ksual, masalah pencernaan, juga alergi yg ditimbulkan dari logam yg ada pada kawat behel tersebut.

  • Riska Rahayu says:

    Saya setuju atas postingan di atas, karena pada dasarnya penggunaan behel pada saat ini memang begitu banyak. Tetapi anehnya ,para pengguna behel tidak pernah memikirkan bahaya apa yg akan terjadi nantinya. Misalnya seperti alergi, alergi yg dapat di timbulkan behel ini memanglah sagat menyiksa ,dikarenakan alergi ini di sebabkan pula oleh logam ,nukir, dan sebagainya bisa saja logam tersebut akan merusak gigi kita. Atau juga ada penyakit menular s3ksual, apabila peakaian ini erus di lakukan ,kemungkinan besar kita jga akan terkena penyakit pada gigi, tubuh, pencernaan, bahkan juga dapat membuat kita terkena HIV. Alagkah lebih baiknya bila kita ingin menggunakan behel, cobalah konsultasi kepada ahli gigi, karena kita akan lebih tau bahaya apa yang akan terjadi apabila kita memakai behel, selain itu kita juga harus tau bagaimana cara untuk merawat behel yg kita pakai, seperi menyikat gigi dengan sikat gigi khusus untuk pengguna behel dan juga selalu mengganti karet behel secara teratur dan juga jangan memakainya terlalu lama, penggunaan behel harus kita cukupkan bila kita merasa gigi kita sudah rapih. 🙂

    maaf bila komentar saya terlalu panjang, karna memang merupkan kebiasaan saya:) terimakasih:)

  • artikelnya sangat membantu. untuk remaja yang ingin menggunakan behel, bisa berfikir lebih dulu mengenai akibat” yang ditimbulkan dari menggunakan behel. dan saya setuju dengan artikel ini.

  • dedes nurtriyani says:

    saya setuju,karena jaman sekarang behel dipakai hanya untuk mengikuti tren padahal behel dapat menyebakan kerusakan dan alergi pada gigi dan banyak dampak negatifnya.

  • Tinaa Rostinawatii says:

    saya setujuu karenaa,penggunaan behel yg tidak memiliki sertifikat dari dokter,akan mengakibatkan banyakk kumann yg menempel digigi,gusi berdarah dan lainnya

  • Titik Kartika says:

    Setuju,karena dampaknya sangat banyak,dari terjadinya banyak kuman di gigi sampai menyebabkan kerusakan gigi nya pula.

  • Zehan Alifia Wardani says:

    saya setuju dengan postingan ini. kebanyakan mereka yang menggunakan behel hanya sebagai untuk gaya tetapi mereka tidak tahu apa penyebab atau resiko dari menggunakan behel.sekarang ini sudah sangat marak sekali orang menggunakan behel atau kawat gigi dengan beragam kebutuhan. Dari mulai hanya mengikuti trend ataupun penunjang kesehatan. Dulu behel atau kawat gigi pada awalnya bertujuan untuk memperbaiki struktur gigi yang tidak rata atau rapi. Tapi sayangnya sekarang ini tujuan penggunaan kawat gigi telah berbeda. mereka bahkan akan dipasangkan behel tidak pernah berpikir apa,sekarang banyak bermunculan tukang pasang kawat gigi yang sebenarnya mereka kurang kompeten dalam bidang tersebut dan hal ini bukan menjadi berita bagus karena hal ini justru dapat membahayakan kesehatan anda meskipun dari harga menjadi relative terjangkau

  • Alvina desiana says:

    ya saya setuju,karena menggunakan behel tidak semua aman,karena dapat mengganggu kesehatan tubuh dan tidak baik bagi tubuh

  • Asita Puji Astuti says:

    Ya saya setuju,informasi ini sangat berguna bagi semua orang yang tidak tau bahaya menggunakan behel. disisi lain juga behel ada dampak positif nya yang KATANYA Bisa merapikan Gigi..tapi ternyata tidak semua orang tau behel juga memiliki dampak negatif yang diterangkan diatas.. dan kebanyakan wanita sekarang memakai behel hanya untuk bergaya agar terlihat cantik,tapi ternyata cantik itu gausah pake behel juga.lebih cantik natural

  • agum says:

    ya saya setuju karna behel gigi lebih banyak sisi negatif nya dibanding sisi positifnya

  • mochamad fikri firmansyah says:

    saya setuju adanya postingan ini,behel itu berbahaya karena anak jaman sekarang karena anak muda jaman sekarang banyak memntingkan fashian dan jika oranglain ada yang memakai behel org tersebut akan menirunya karna menurut mereka behel itu untuk menampilkan fashion wanita agar lebih vantik tetapi kita harus mementingkan kesehatan kita juga jangan hanya fashion saja yang didahului tetapi kesehatan juga harus di no 1 kan

  • vina sumiati says:

    saya setuju dengan post ini karena behel yang di gunakan belum tentu bersih, dan behel mengandung logam,tembaga,nikel.
    kalau ingin terlihat cantik jangan menyiksa diri sendiri

  • Syifa Putri Rizkiyyah R says:

    saya setuju dengan post di atas karena behel tidak selalu membuat agar terlihat cantik, khususnya wanita yg sekarang ini yg selalu ingin terlihat fashionable.
    Behel malah bisa membuat kecantikan itu hilang, dan menimbulkan penyakit.

  • suryacandra says:

    saya setuju karna memasang behel dapat menyebabkan penyakit yang serius dan hanya disebabkan oleh behel

  • Faizal Farikh Azdani H says:

    saya setuju dengan posting di atas, karena menurut saya penggunaan behel itu jika di lihat dari depan memang menawan jika di gunakan oleh para wanita tetapi kita tidak pernah tau apa yang di hadapi oleh pengguna behel/kawat gigi tersebut
    mungkin mereka para pengguna sudah merasakan bagaimana sakitnya menggunakan bahel/kawat gig tersebut seperti alergi gusi berdarah dan sebagainya. jadi bagi kita yang sudah diberitahu oleh orang yang memposting posting diatas harus berterima kasih karena sudah di beritau bahaya dari kawat gigi tersebut. jadi cukup sekian commentar dari saya, terima kasih atas informasi di atas.

  • rieskia annisa riyanti says:

    saya setuju dengan artikel di atas karena pada zaman sekarang banyak remaja yg menggunakan behel dengan tidak melihat kerugian/ dampak negatif dari behel tersebut banyak remaja yg menggunakan behel hanya untuk mengikuti tren dan zaman,, banyak orang yg memasang behel yang dibuat secara asal-asalan, banyak remaja sekarang yg berfikir ” lebih baik keren menggunakan behel dari pada tidak menggunakannya ” .

  • Febia Ramadani says:

    saya setuju dengan postingan diatas karena jaman sekarang menggunakan behel hanya untuk gaya dan terlihat cantik bukan untuk kesehatan

  • Raden Nikhen says:

    saya setuju, karena ini bisa menyebabkan hal hal yang buruk, sebenarnya menggunakan behel tidak perlu bagi orang orang yang tidak benar benar gigi jelek, itu mah gaya hungkul

  • Shelsa Aulia Fitri says:

    saya setuju dengan postingan diatas,karna menggunakan behel dapat menyebabkan kesehatan gigi terganggu.

  • Fickry Hamdani says:

    Saya setuju tidak setuju, setujunya memang benar kalau kita memakai behel lebih besar kemungkinan terkena alergi, masalah yang timbul dari karang gigi, dan pencernaan.
    Tetapi saya tidak setujunya karena behel itu ada yang untuk hiasan ada juga sebagai salah satu obat untuk membereskan gigi yang kurang bagus.

  • Bella Karunia Putri says:

    Setujuu bangett…..karna dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut,selainn mengeluarkan biaya mahal..menggunakan Behel pun akan beresiko terkena penyakit seperti Alergii,Karang gigi,dll..

  • rieskia annisa riyanti says:

    saya setuju dengan artikel di atas karena pada zaman sekarang banyak remaja yg menggunakan behel dengan tidak melihat kerugian/ dampak negatif dari behel tersebut banyak remaja yg menggunakan behel hanya untuk mengikuti tren dan zaman , banyak dampak negatif yg sangat merugikan bagi para pengguna behel , banyak orang yg memasang behel yang dibuat secara asal-asalan, banyak remaja sekarang yg berfikir ” lebih baik keren menggunakan behel dari pada tidak menggunakannya ” .

  • Surya says:

    saya setuju karna kalau kita makan itu susah karna banyak yang tersangkut di gigi jadi harus pilih-pilih makan nan dan juga harus membawa tusuk gigi ke mana mana

    • Tania Septiani says:

      saya setuju karena behel membuat para remaja merasakan dampak negatifnya seperti dalam artikel tersebut,dan tidak seharusnya remaja jaman skrng menggunakan behel dengan alasan untuk mengikuti tren

  • Saya setuju dengan postingan diatas, karena pepatah mengatakan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi yang disebabkan menggunakan BEHEL..

  • Reza Kusuma says:

    saya setuju dengan postingan tersebut di karena kan alat bantu gigi atau BEHEL ini memang baik tapi bisa juga berdampak buruk. banyak yang memakai behel di kalangan remaja tapi tidak tahu dampak baik dan buruk nya memakai behel ini. BEHEL ini merupakan alat yang mengandung logam seperti tembaga,nikel,dan kromiun yang dapat menyebabkan dampak buruk seperti
    1). Alergi
    2) Karang Gigi
    3). Masalah Pencernaan
    menurut saya itu sangat berbahaya bagi Gigi Manusia

  • Saya Setuju dengan postingan diatas , karena alat bantu gigi atau biasa disebut dengan BEHEL tidak dapat disembarang gunakan seperti tidak dapat digunakan hanya untuk kecantikan dan keindahan , karena BEHEL mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium yang dapat menyebabkan dampak negatif berupa :
    1).Alergi,
    2).Karang Gigi,
    3).Masalah Pencernaan.

  • saya setuju dengan post ini karena belum tentu behel tertentu terjamin bersih,karena behel logam mengandung logam,tembaga,nikel,dan kromium dan dapat menimbulkan alergi pada gigi kita seperti:
    -Alergi
    -karang gigi
    -masalah pencernaan

  • saya setuju dengan post diatas karena behel logam mengandung logam,tembaga,nikel,dan kromium yang belum tentu terjamin bersih karena allah swt tidak suka dengan orang berlebihan dengan apa yang allah berikan

  • Saya setuju dengan adanya postingan memakai behel sangat berbahaya karena behel dapat menyebabkan alergi terhadap gigi dan menyebabkan gigi rusak

  • Saya setuju dengan postingan diatas, karena memakai behel belum tentu baik untuk kesehatan gigi karena behel mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Ada 3 dampak negatif menggunakan behel yaitu :
    1) Alergi
    2) Karang Gigi
    3) Masalah Pencernaan
    Menurut saya postingan diatas sangat bermanfaat bagi kita semua.

  • saya setuju bila memakai behel itu berbahaya karena bisa menimbulakan penyakit seperti ; alergi
    karang gigi
    penyakit menular seksual (PMS)
    masalah pencernaan
    DLL.

    #SALAM_PAK_POK :v

  • informasi nya sangat berguna, saya setuju dengan post yg ada di atas karena belum tentu penggunaan nya terjamin bersih, makasih buat info nya

  • Ya, saya setuju jika menggunakan behel itu berbahaya, karena Behel logam mengandung logam seperti tembaga, nikel, dan kromium. Karang gigi dapat muncul akibat pemakaian behel.