4 Wanita Terbaik, Sang Bidadari Surga dan Dunia

Ngebray.com

 

Dalam sejarah Islam, tercatat ada banyak sekali wanita yang shalihah yang berjuang menegakkan dan membela agama Islam. Tapi, ternyata Allah memilih 4 wanita terbaik yang sudah dijamin masuk Surga.

Siapa saja ke-4 wanita shalihah itu?

Dan apa yang dilakukannya sehingga Allah menjaminkan Surga untuk mereka dan menjadikan mereka wanita terbaik?

Yuk, kita sharing dengan serius tapi santai. Jangan lupa siapkan cemilan biar bacanya semakin seru dan asyik. Jangan lupa, ambil hikman dan teladani setiap akhlak baik dari wanita-wanita shalihah ini ya, Ukhti ๐Ÿ™‚

 

 

  1. Khadijah Binti Khawailid

Siapa yang tak kenal dengan sosok wanita mulia Khadijah Binti Khawailid? Kita semua mengetahui, Khadijah sebagai istri pertama Rasulullah Muhammad SAW. Beliau juga adalah ibu dari anak-anak Rasulullah (Al- Qasim, Zainab, Ruqayyah, Ummu Kultsum, Fathimah, dan Abdullah). Khadijah dikenal dengan kedermawanannya memberikan segala yang ia punya untuk kepentingan dakwah suami tercintanya, yakni Rasulullah. Khadijah ikhlas meski hartanya habis untuk kepentingan dakwah sehingga tidak heran jika Rasulullah sangat terkesan pada sosoknya. Ia pun tidak pernah hilang dalam ingatan Rasulullah, meskipun ia sudah tiada dan Rasulullah sudah memiliki istri lain yang juga shalihah.

Khadijah juga seorang wanita yang taat pada sang suami dan ia mau bersama-sama berjuang di jalan Allah bersama sang suami. Betapa shalihahnya Khadijah hingga Allah menitipkan salam untuknya melalui perantara malaikat Jibril dan Rasulullah. Suatu hari, datanglah malaikat Jibril kepada Rasulullah, kemudian berkatala, โ€œYa Rasulullah, Khadijah sebentar lagi akan datang membawa bejana berisi lauk, makanan, atau minuman. Kalau ia sudah datang, sampaikan salam dari Allah dan dariku. Dan, berikan kabar gembira dengan rumah di surge,โ€ (H.R. Bukhari dan Muslim).

 

2. Fatimah Az Zahra Binti Rasulullah SAW

Masih dari keluarga Rasulullah Muhammad SAW. Sosok wanita terbaik selanjutnya adalah putri dari Rasulullah, yaitu Fatimah Az Zahra. Beliau adalah seorang anak yang patut dan taat pada orang tuanya. Ia juga merupakan istri dari Ali Bin Abi Thalib yang tak lain adalah sahabat Rasulullah.

Fatimah adalah anak kesayangan Rasulullah. Meskipun dia adalah putri dari orang nomor satu di dunia, Fatimah tidak pernah menyombongkan diri. Bahkan, dalam urusan memilih jodoh, dia sangat patuh pada pilihan Rasulullah, meskipun orang yang dijodohkan kepadanya bukanlah seseorang yang bergelimang harta, yakni Ali bin Abu Thalib. Baginya, dalam memilih pasangan, kekayaan harta bukanlah tolak ukur, melainkan keimanan dan ketakwaan orang yang kelak mendampinginya dalam mengarungi bahtera rumah tanggalah yang paling penting.

Fatimah dikenal sebagai wanita muslim yang begitu sabar, penuh keimanan, cerdas dan taat pada suami. Fatimah juga merupakan seorang wanita yang begitu mulia dan mampu menjaga cintanya dengan sangat baik untuk suaminya saja.

Dari sosok Fatimah Az Zahra, kita dapat belajar bahwa sebelum belajar menjadi istri yang patuh kepada suami, belajarlah menjadi anak yang patuh pada orang tua. Dapatkan ridha Allah dengan mendapatkan ridha orang tua dan juga ridha dari suami.

 

3. Maryam Binti Imran

Sosok wanita shalihah berikutnya sering kita panggil dengan Siti Maryam, beliau adalah ibunda dari Nabi Isa As. Maryam adalah figur seorang muslimah yang konsisten menjaga kesuciannya. Sebuah harga mahal seorang wanita yang sudah sulit sekali ditemukan di kalangan perempuan zaman sekarang. Suatu ketika, ujian Allah datang kepadanya, yaitu malaikat mengaruniakan seorang anak kepadanya saatย  ia masih seorang gadis yang tidak memiliki suami.

Di mata Allah SWT, Maryam adalah wanita yang benar-benar suci dan mulia. Karena kemuliaan Maryam, Allah pun menganugerahkan seorang putra di kandungannya saat ia masih gadis.

Secara logika, hamil tanpa adanya seorang suami atau ayah memang tidak masuk akal. Tapi, karena kekuasaan Allah maka apa yang tidak mungkin tentunya selalu bisa menjadi mungkin.

Hamil tanpa suami memang bukan perkara yang mudah. Namun, Maryam menjalaninya dengan penuh kesabaran dan keikhlasan, semata-mata karena iman dan ketaatannya yang begitu kuat terhadap Allah SWT. Selama mengandung, Maryam hidup dengan penuh kesulitan. Penuh dengan cemoohan dan hinaan dialamatkan kepada dirinya. Tapi, dalam hatinya dia tetap sabar dan tak peduli dengan pandangan orang lain terhadap dirinya. Karena, Maryam yakin, hanya Allah-lah yang tahu kalau dirinya tidak pernah berbuat hal sekeji itu dan tetap menjaga kesuciannya.

Dari proses panjang kehidupan Maryam tersebut Allah jaminkan Surga untuk wanita suci ini.

 

4. Asiyah

Asiyah adalah ibunda dari Nabi Musa As. Beliau juga adalah istri dari manusia sombong, yang saking sombongnya dia menyebut dirinya adalah tuhan, Firaun. Meski sang suami dikenal sangat kejam dan mengaku dirinya sebagai tuhan, Asiyah tetap pada pendiriannya untuk menyembah hanya kepada Allah SWT.

Saat Firaun mengancam akan menyiksa dan membunuhnya jika ia tidak mau menyembah Firaun, Asiyah tetap teguh pada pendiriannya untuk menyembah Allah. Asiyah tetap yakin bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang patut ia sembah dan tak ada yang lain selain-Nya.

Ya Allah, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun juga dari segala perbuatannya.โ€ (QS At-Thamrin, 11).

Keteguhan Asiyah inilah yang akhirnya membuatnya tercatat sebagai wanita mukmin yang dijamin akan ditempatkan di sisi terbaikNya yakni surga.

 

Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam pernah memuji beberapa wanita, diantaranya khadijah,

ุญูŽุณู’ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ู†ูุณูŽุงุกู ุงู„ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ: ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ู ุงุจู’ู†ูŽุฉู ุนูู…ู’ุฑูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุฎูŽุฏููŠุฌูŽุฉู ุจูู†ู’ุชู ุฎููˆูŽูŠู’ู„ูุฏูุŒ ูˆูŽููŽุงุทูู…ูŽุฉู ุจูู†ู’ุชู ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ูˆูŽุขุณููŠูŽุฉู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู ููุฑู’ุนูŽูˆู’ู†ูŽ

Cukup bagimu 4 wanita pemimpin dunia: Maryam bintu Imran (Ibunda nabi Isa), Khadijah bintu Khuwailid, Fatimah bintu Muhammad, dan Asiyah Istri Firโ€™aun. (HR. Ahmad 12391, Turmudzi 3878, dan sanadnya dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)

 

Itulah 4 wanita terbaik yang Allah jaminkan surga untuk mereka, karena ketaatan, kesabaran, dan keimanan mereka yang luar biasa. Memang tak mudah menjadi seperti wanita-wanita shalihah tersebut. Tetapi kita bisa menjadikan kisah mereka sebagai inspirasi dan meneladani akhlak-akhlak mereka untuk kemudian kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari hal terkecil dalam hidup kita.

Semoga kita bisa menggapai ridho dan rahmat Allah SWT, untuk kemudian dimudahkan jalan meraih surga-Nya.

Aamiin Yaa Robbal’alaamiin.

 

Meet me

Echa Dynasty

Writer at Es_Dy_A
Saya hanya ibu rumah tangga yang bermimpi jadi penulis.
Ingin menulis apapun, dimana pun, dan kapan pun... yang penting bermanfaat dan bisa dibagikan untuk orang banyak.
Paling happy kalau ada orang yang baca dan me-review karyanya.

"Karena bagi saya menulis itu bukan cuma tentang mencatatkan aksara, tapi juga ada kejujuran yang terkadang tak sanggup direalisasikan dalam nyata"
Meet me

Latest posts by Echa Dynasty (see all)